TAHUN 2014, BULELENG MILIKI CALL CENTER PELAYANAN KESEHATAN
Admin bulelengkab | 11 September 2013 | 342 kali
Pemikiran inovatif terhadap penanggulangan sektor kesehatan dicetuskan
Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG. Ketika ditemui di ruang
kerjanya, Selasa 10/9, Wabup yang gencar roadshow kesehatan ini menyatakan
Pemkab Buleleng akan segera me - launching call center untuk mendukung
program kesehatan Buleleng Emergency Service (BES), nantinya call center
ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat mencari informasi sehingga bisa
meminimalisir keterlambatan pelayanan, “ Rencana awal Januari 2014 kita
launching, tujuannya masyarakat bisa mendapatkan informasi kesehatan dengan
cepat ” ujarnya.
Wabup lulusan Kedokteran Udayana ini menambahkan melihat karakteristik luas
wilayah Buleleng serta keterbatasan fasilitas kesehatan yang dimiliki oleh
Puskemas di masing-masing Kecamatan mewajibkan beberapa pasien untuk
dirujuk ke rumah sakit yang lebih representatif, “ Nantinya informasi
ketersediaan kamar, ambulance dan dokter bisa diketahui via
telepon“imbuhnya. Salah satu keunggulan yang dipromosikan adalah pelayanan
on-line 24 jam sehingga setiap saat masyarakat yang membutuhkan bisa
difasilitasi, “ Tidak hanya RS Negeri, RS Swasta dan Puskesmas pun
databasenya akan kita update setiap saat” ujar Sutjidra.
Untuk pasien dadurat, Wabup menambahkan Pemkab Buleleng telah menyiapkan
ambulance menjemput pasien dalam keadaan darurat nantinya akan diperuntukan
untuk memberikan pelayanan secepatnya kepada pasien kritis, “ semacam quick
respon dimana pasien akan diobati langsung di mobil ambulance sebelum
dirujuk ke RS ”paparnya. Dengan keunggulan BES yang mampu mobile hingga
kepelosok daerah diharapkan dapat menjadi salah satu langkah preventif
mencegah angka kematian.