Ikuti Kami

Sukasada laksanakan Musrenbang 2017

Admin bulelengkab | 30 Januari 2017 | 105 kali

Setelah beberapa Kecamatan laksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) kini giliran Kecamatan Sukasada laksanakan Musrenbang, Musrenbang Kecamatan Sukasada Tahun 2017 ini diselenggarakan di SMKN 1 Sukasada, Desa Sambangan.(30/1).Musrenbang kali ini bertemakan "Memacu Investasi, Memantapkan Pembangunan Infrastruktur dan Pertanian untuk Mewujudkan Pertumbuhan Ekonomi Yang Inklusif".

Dengan diawali laporan dari Camat Sukasada, I Made Dwi Adnyana, S.STP, selanjutnya Musrenbang Kecamatan Sukasada dibuka Plt. Bupati Buleleng yang diwakili oleh Kepala Bappeda dan Litbang Kabupateng Buleleng Ir. Gde Dharmaja M.Si. serta tampak hadir pula dalam kesempatan tersebut Anggota DPRD Kabupaten Buleleng Dapil Kecamatan Sukasada, Para Pimpinan OPD lingkup Pemkab Buleleng, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Sukasada, serta Perbekel/Lurah se-Kecamatan Sukasada.
Adapun sidang pembahasan pada Musrenbang kali ini terbagi menjadi 3 (tiga) kelompok yakni Bidang Fisik, Bidang Ekonomi Aparatur serta Bidang Sosial Budaya.

Dalam laporanya Camat Dwi menyampaikan untuk Kecamatan Sukasada memperoleh Dana Desa yang bersumber dari APBN pada Tahun 2017 yang berasal dari Bagi Hasil Pajak Daerah, Retribusi Daerah dan ADD yang diterima oleh seluruh desa sebesar Rp. 13.064.230.663.93,- (Tiga belas milyar enam puluh empat juta dua ratus tiga puluh ribu enam ratus enam puluh tiga rupiah) yang mengalami peningkatan sebesar 3, 4% dari tahun sebelumnya.

Dengan adanya peningkatan tersebut tentunya diharapkan mampu berimplikasi terhadap pembangunan didesa tentunya dengan perumusan rencana program pembangunan dan kegiatan sesuai dengan kebutuhan yang menjadi kewenangan desa baik berdasarkan hak asal-usul maupun kewenangan lokal berskala desa yang meliputi bidang penyelenggaraan pemerintahan desa, pelaksanaan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan desa dan pemberdayaan masyarakat desa dengan berpedoman pada Permendagri nomor 112 tahun 2014.

Disampaikan pula mengenai permasalahan terkait dalam pengembangan dan pengoptimalan pemanfaatan yang terjadi di kecamatan sukasada, dirangkum menjadi beberapa bidang yakni bidang pertanian dan peternakan, bidang perkebunan dan kehutanan, bidnag pendidikan dan kesehatan serat infrastruktur jalan dan jembatan.

Dalam pelaksanaan musrenbang tahun 2017 ini terdapat usulan program kegiatan yang terdiri dari 3 bidang yaitu bidang Ekonomi dan Aparatur, sebanyak 30 usulan kegiatan dengan biaya Rp. 10.053.060.000,- (sepuluh milyar lima puluh tiga juta enam puluh ribu rupiah), Bidang Sosial Budaya, sebanyak 26 usulan kegiatan , dengan biaya Rp. 3.502.770.000,- (tiga milyar lima ratus dua juta tujuh ratus tujuh puluh ribu rupiah) serta Bidang Fisik ada 45 usulan kegiatan dengan biaya Rp.93.111.660.000,- (sembilan puluh tiga milyar seratus sebelas juta enam ratus enam puluh ribu rupiah). jadi jumlah usulan dari ketiga bidang tersebut adalah sebanyak 101 usulan dengan total biaya sebanyak Rp. 106.667.490.000,- (seratus enam milyar enam ratus enam puluh tujuh juta empat ratus sembilan puluh ribu rupiah).

Adapun peserta dari Musrenbang Kecamatan Sukasada tahun 2017 terdiri dari Unsur Pemerintah Kecamatan Sukasada, Dinas Instansi NIVO se-Kecamatn Sukasada, Delegasi dari Desa/ Kelurahan sebanyak 90 orang, tiap Desa/Kelurahan masing-masing sebnyak 6 orang, dengan melibatkan unsur perempuan per desa/Kelurahan

Download disini