Ikuti Kami

Program Berkelanjutan Kesbangpol Linmas Wujudkan Dinamika Politik Yang Kondusif

Admin bulelengkab | 11 Oktober 2013 | 245 kali

 

Terwujudnya dinamika politik yang kondusif menuju persatuan dan kesatuan bangsa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Demikian yang tersirat dalam visi dan misi Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Buleleng.
Menurut Kepala Badan Kesbangpolinmas Kabupaten Buleleng, Gede Gunawan Adnyana Putra, SE, M.Si saat ditemui di ruang kerjanya (8/10/13), untuk dapat mewujudkan visi tersebut pihaknya telah menyusun dan melaksanakan berbagai program kegiatan yang merupakan satu kesatuan program yang berkelanjutan, artinya ada keterkaitan antara satu program dengan program lainnya dan program ini dilaksanakan secara berkesinambungan. “Program pada bidang wawasan kebangsaan menyuplai dari pada bidang organisasi politik, organisasi politik menyuplai dari pada bidang perlindungan masyarakat, perlindungan masyarakat ini juga menyuplai dari pada kewaspadaan dini,”paparnya
Lebih lanjut Gunawan mengatakan tahun 2013 merupakan tahun politik dikarenakan terkait dengan pemilu pilgub. Selain itu, tahun 2014 juga akan menyongsong pemilihan legislatif dan pemilihan presiden. Untuk itu sesuai tupoksi yang dimiliki Badan Kesbangpolinmas yaitu  melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah di bidang kesatuan bangsa, politik dan perlindungan masyarakat telah melaksanakan program terkait dengan pelaksanaan pemilu ini, diantaranya program wawasan kebangsaan, program organisasi politik dan program satuan linmas. Untuk program satuan linmas, diberikan pelatihan dasar kepada anggota linmas yang ada di seluruh kecamatan di Kabupaten Buleleng yang sampai saat ini berjumlah 4.982 anggota. Latihan dasar kepada anggota linmas melibatkan pihak terkait, diantaranya TNI dan Polri. Anggota linmas ini disiapkan untuk ikut berperan dalam mensukseskan pemilu dan menjaga keamanan di lingkungannya. (Tim/her)