Ikuti Kami

PKB Buleleng Agar Terus Ditingkatkan

Admin bulelengkab | 29 Mei 2013 | 430 kali

Pesta Kesenian Bali tingkat Kabupaten Buleleng ke-35 dibuka pada hari Sabtu malam (25/5) oleh Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana di eks Pelabuhan Buleleng. Tampil menjadi hiburan utama fragmen tari topeng Pade Ajegang Sami yang disajikan oleh Komunitas Rare Kual.
Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan terimakasih kepada Prof. IB Mantra (almarhum), mantan Gubenur Bali yang menggagas dan merancang Pesta Kesenian Bali tigapuluh lima tahun lalu sehingga pelestarian dan pengembangan kesenian Bali di luar kegiatan di Pura terus berlangsung. Dinilai juga, pelaksanaan PKB selama 35 tahun telah berhasil mengamankan kesenian Bali dari gempuran jaman global yang tak dapat dihindarkan. Kemudian terkait dengan pelaksanaan PKB tingkat Kabupaten, diharapkan agar perhelatan seni ini dapat didiskusikan bersama sehingga ke depannya dapat ditingkatkan kualitasnya. Bahkan, diminta agar ajang seni ini nantinya dapat dipagelarkan sampai ke pedesaan.  Sementara itu adanya seniman-seniman yang belum tersentuh perhatian pemerintah,  Kadis Budpar diminta agar memerhatikannya.
Sebelumnya Kadis Budpar Buleleng Ketut Warkadea melaporkan PKB tingkat Buleleng berlangsung lima hari dari tanggal 25-29 Mei, sedangkan untuk PKB Propinsi yang berlangsung bulan Juni para seniman Buleleng dari  24 sekeha akan menyajikan aneka seni dari  pawai hingga parade drama gong.