Ikuti Kami

Lomba Parade Budaya HUT Kota Singaraja ke-411

Admin bulelengkab | 10 April 2015 | 73 kali

    Berkenaan dengan perayaan Hut Kota singaraja yang ke- 411 Tahun 2015, Senin, 30 Maret kemarin digelar Lomba Parade Budaya yang berpusat di depan salah satu pertokoan di sepanjang jalan Ngurah Rai, Singaraja.

    Rute dari Parade Budaya Kali ini di awali dari Panggung Kehormatan ( Depan Toko Clandys ) menuju ke Jalan Pramuka, kemudian, Jalan Ahmad Yani, Jalan Kartini dan Finish di halaman Gedung Kesenian Gde Manik Singaraja.

    Parade Budaya ini di buka dengan pertunjukan Tari Jagung Gembal oleh Sanggar Shanti Budaya. Berikutnya kesenian-kesenian yang akan disajikan dalam Parade Budaya kali ini berupa fragmentari dengan iringan Baleganjur dengan tema atau cerita diambil dari sejarah berdirinya kota Singaraja/Buleleng yang mana ceritanya dibagi menjadi 9 episode.

    Urutan Parade Budaya ini di awali oleh Kecamatan Seririt, berjudul "LAHIRNYA KI BARAK", dilanjutkan oleh Kecamatan Sukasada (MENINGGALKAN ISTANA MENUJU DENBUKIT), lalu Kecamatan Buleleng (KI PUNGGAKAN GENDIS GUGUR), berikutnya Kecamatan Gerokgak (KI BARAK TERSMASYUR), Kecamatan Busungbiu (Ki Barak Menjadi Raja), Kecamatan Sawan (ASRAMA ROMARSANA), Kecamatan Banjar (TRUNA GOAK), Kecamatan Kubutambahan (EKSPEDISI PENYERANGAN BLAMBANGAN PERTAMA) dan di tutup oleh Kecamatan Tejakula (MEMBANGUN KERAJAAN BULELENG).

    Di areal pusat diadakannya kegiatan, penuh dipadati penonton yang ingin menikmati sajian budaya lokal di hari jadi kota yg mereka tempati saat ini.

    Berdasarkan hasil penilaian Lomba Parade Budaya Kabupaten Buleleng yang dirangkai dengan perayaan HUT Kota Singaraja ke-411 yang dilaksanakan pada  hari Senin, tanggal 30 Maret 2015 sesuai dengan Kriteria, maka menetapkan  sebagai berikut :
    1. Adikara Nugraha ( Juara I ), diperoleh oleh Kecamatan Kubutambahan yang diwakili oleh Sanggar  Dharma Santhi, Desa Bila, dengan jumlah nilai 2.098
    2. Adika Nugraha ( Juara II ),diperoleh oleh Kecamatan Buleleng yang diwakili oleh  Sanggar Kampoeng Seni Banyuning,Kelurahan Banyuning, dengan jumlah nilai 2.090
    3. Adi Nugraha ( Juara III ),diperoleh oleh Kecamatan Grokgak yang diwakili oleh SMAN 1 Grokgak, Desa Sanggalangit,  dengan jumah nilai 2.073
    4. Ksama Nugraha ( Juara IV – VI  ),
           ~ Diperoleh oleh kecamatan  Tejakula yang diwakili oleh  Sekaa Parade Budaya HUT Kota   
             Singaraja  Desa Pakraman Tejakula dengan jumlah nilai  1.966
           ~ Diperoleh oleh kecamatan Sukasada yang diwakili oleh SMKN 1 Sukasada dengan  
             jumlah nilai 1.950
           ~ Diperoleh oleh kecamatan Sawan yang diwakili oleh Sekaa Parade Budaya HUT Kota
             Singaraja Kecamatan Sawan  dengan jumlah nilai 1.928