Ikuti Kami

Lomba Bleganjur Ramaikan Pentas Apresiasi Seni 2016

Admin bulelengkab | 13 April 2016 | 67 kali

Pemkab Buleleng melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kembali menyelenggarakan Lomba Baleganjur antar kecamatan se-Kabupaten Buleleng serangkaian Pekan Apresiasi Seni (PAS) dan hiburan rakyat tahun 2016 dalam rangka HUT Kota Singaraja ke-412 di GOR Bhuana Patra, Selasa (12/4) kemarin. Sebanyak sembilan peserta duta masing-masing kecamatan mengikuti lomba ini.
 
Lomba Bleganjur yang memperebutkan total hadiah sebesar tiga puluh juta rupiah ini diikuti oleh 9 kecamatan di Kabupaten Buleleng yang diwakili oleh masing-masing desa pada setiap kecamatan.
 
Lomba yang melibatkan empat orang juri yang tentunya berasal dari kalangan pelaku seni ini, menilai penampilan peserta dari beberapa aspek atau unsur penilan, yang mana diantaranya adalah unsur instrumental, teknik, komposisi, kreativitas, dan penampilan.
 
Dalam kesempatan itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Buleleng Ir. Nyoma Sutrisna, MM., menyampaikan bahwa tujuan dari digelarnya kegiatan ini adalah tiada lain untuk melestarikan kesenian daerah khususnya bleganjur dan untuk mencari atau menggali potensi kesenian generasi muda serta pembibitan kesenian bleganjur semenjak usia dini. Selain itu Nyoman Sutrisna juga menyampaikanpemenang lomba bleganjur ini nantinya akan dipentaskan di berbagai event atau kegiatan yang ada seperti Buleleng Festival, Twin Lake Festival, Buleleng Bali Dive Festival dan di berbagai event lainnya.
 
Adapun keputusan dewan juri Pemenang Lomba Baleganjur 2016 dalam Pekan Apresiasi Seni (PAS) adalah
Juara 1 dipegang oleh Sekehe Gong Satya Bhakti duta Kecamatan Buleleng
Juara 2 dipegang oleh Sanggar Seni Tabuh dan Tari Rare Pangus duta Kecamatan Tejakula 
Juara 3 dipegang oleh Sanggar Seni Bala Aninda Duta Kecamatan Banjar
Juara 4 dipegang oleh Sanggar Padma Kusuma Duta Kecamatan Sawan
 
Selamat kepada pemenang