Ikuti Kami

Keunikan Wisata Kuliner Buleleng Festival

Admin bulelengkab | 27 Agustus 2013 | 589 kali

Singaraja- Dalam rangka memeriahkan Buleleng Festival 2013 Kecamatan Sawan turun dengan berbagai menu masakan tradisional. Masakan yang ditampilkan berhasil menggoyang lidah konsumen yang mencoba.

Ada yang unik dalam perhelatan kuliner dalam acara Buleleng Festival yang ditampilkan Kecamatan Sawan. Jika selama ini kita mengenal rotan dijadikan bahan baku pembuatan mebel, maka lain halnya dengan kreatifitas masyarakat Desa Lemukih. Dengan menampilkan menu Empol Rotan dan Empol Salak menjadi menu masakan, stan kuliner Kecamatan Sawan ramai dikunjungi para penikmat masakan tradisional.

Apa sebenarnya Empol Rotan?. Empol Rotan adalah bagian unteng (isi dalam) pada ujung dari pohon rotan. hati-hati dengan bagian ini karena memiliki duri. cara mengolah bagian ini sangat sulit jika tidak terbiasa maka masakan anda akan terasa pahit.

Untuk mengolah bahan ini menjadi masakan yang lezat, pertama, Kupas empol dan cuci bersih, kemudian tumbuk halus bumbu seperti cabe rawit, bawang putih, bawang merah, kemiri, kencur, kunyit, merica, garam, dan daun salam. Goreng bumbu dan tambah santan aduk sampai rata dan tambah sedikit penyedap rasa. selanjutnya hidangkan dengan entil (Tipat) dan timbungan.