Ikuti Kami

KABUPATEN BULELENG MERAIH PENGHARGAAN STATUS LINGKUNGAN HIDUP (SLHD) TERBAIK TINGKAT NASIONAL

Admin bulelengkab | 12 Juni 2013 | 420 kali

Pemerintah Pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup RI berkaitan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2013 memberikan penghargaan-penghargaan Lingkungan Hidup yang salah satunya adalah Penghargaan Penyusunan Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD) Tahun 2012. Dari 285 kabupaten/kota yang dinilai oleh Kementerian Lingkungan Hidup RI, Kabupaten Buleleng salah satu penerima Penghargaan Penyusun Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD) Terbaik.

Maksud dari penyusunan SLHD adalah untuk menyediakan informasi lingkungan hidup sebagai sarana publik untuk melakukan pengawasan dan penilaian pelaksanaan Tata Praja Lingkungan (Good Environmental Governance) di daerah, dan sebagai landasan publik untuk berperan dalam menentukan kebijakan pembangunan berkelanjutan bersama-sama dengan pemerintah.

Adapun Tujuan penyusunan Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD) bertujuan sebagai berikut :

  1. Menyediakan data, informasi dan dokumentasi untuk meningkatkan kualitas pengambilan keputusan pada semua tingkat dengan memperhatikan aspek dan daya dukung serta daya tampung lingkungan hidup daerah.
  2. Meningkatkan mutu informasi tentang lingkungan hidup sebagai bagian dari sistem pelaporan publik serta sebagai bentuk dari akuntabilitas publik.
  3. Menyediakan sumber informasi utama bagi Rencana Pembangunan Tahunan Daerah (Repedata), Program Pembangunan Daerah ( Propeda), dan kepentingan penanaman modal (investor)