Ikuti Kami

HUT Satpol PP ke-65 dan Linmas ke-53 Tahun 2015 Tingkat Nasional di Bandung

Admin bulelengkab | 16 Maret 2015 | 115 kali

Peringatan HUT ke-65 Satpol PP dan HUT ke-53 Linmas Tingkat Nasional digelar di Lapangan Gasibu Kota Bandung, Selasa (3/3). Gelar Pasukan ini dihadiri oleh para Kepala Satuan Polisi Pamong Praja se-Indonesia baik Provinsi maupun Kab/Kota dan diikuti kurang lebih 2.000 pasukan dari unsur Satpol PP, Satlinmas serta TNI/Polri Provinsi Jawa Barat.

Sebagai Instruktur Upacara adalah Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Bapak Tjahjo Kumolo mengharapkan kepada  para Gubernur, Bupati/Walikota se-Indonesia agar memberi perhatian khusus kepada Polisi Pamong Praja sebagai Polisi Daerah karena keberadaan Satuan Polisi Pamong Praja merupakan tangan kanan Kepala Daerah dan mengingat setiap upaya Pembangunan mustahil terlaksana apabila Tertib dan Tentram belum tercapai. “Kedepankan proses persuasif, dialog, beri pemahaman kepada masyarakat dalam menjalankan penegakan perda. Pemerintah daerah harus memberi perhatian lebih kepada Satpol PP” tegasnya.

Bapak Menteri juga berpesan kepada anggota Satuan Polisi Pamong Praja, agar dalam menjalankan tugasnya di daerah Satpol PP tidak menggunakan cara-cara kekerasan. “Anggota Satpol PP jangan mengedepankan kekerasan, ajak masyarakat berdialog, berikan pemahaman kepada masyarakat yang belum paham akan peraturan, UU atau Perda baik di Provinsi, Kabupaten/Kota ” ujar Mendagri.

Dalam upacara peringatan HUT tersebut, Mendagri juga mengingatkan jajaran Satpol PP dan Linmas untuk meningkatkan koordinasi dan komunikasi dengan aparat di daerah guna menjalankan tugas menjaga keamanan dan ketertiban di daerah. “Seluruh jajaran Satpol PP dan Satuan Linmas harus mampu berkomunikasi dengan rekan sejawat, pimpinan dan pejabat daerah, agar setiap keputusan dapat terorganisir dengan baik. Apabila tidak mampu melakukan hal yang sifatnya massal, maka harus berkoordinasi dengan polisi di daerah,” jelasnya.

Dalam HUT, Mendagri menyampaikan empat pesan utama, yakni terkait peningkatan kemampuan, optimalisasi kemampuan dalam membantu kepala daerah, peningkatan profesionalisme dan kesigapan memberikan pertolongan kepada masyarakat.

Peringatan HUT ke-65 Satpol PP dan HUT ke-53 Satlinmas Tingkat Nasional di Bandung, dimeriahkan dengan KOOR (paduan suara) dan demontrasi Marching Band dari IPDN, terjun payung, dan simulasi evakuasi korban bencana yang melibatkan 3 jenis Helikopter milik Basarnas dan Polri.

Adapun Tema Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Polisi Pamong Praja ke-65 dan Satlinmas ke-53 Tahun 2015 adalah “Dengan Semangat HUT Satuan Polisi Pamong Praja ke-65 dan HUT Satlinmas ke-53, Kita Tingkatkan Kemampuan Profesional Anggota Dalam Penegakan Peraturan Daerah, Pembinaan Ketentraman dan Ketertiban Umum, serta Pemberian Pertolongan Kepada Masyarakat”.

Rangkaian perayaan HUT dilanjutkan dengan Rapat Koordinasi Nasional, yang dibuka langsung oleh Bapak Menteri Dalam Negeri dilanjutkan pengarahan-pengarahan dari Irjen Pemerintahan Umum dan Direktur Satuan Polisi Pamong Praja Pusat yang intinya Beliau menekankan untuk menyatukan persepsi tugas-tugas Satuan Polisi Pamong Praja se-Indonesia. Adapun tema Rakornas Satpol PP se Indonesia adalah ”Dengan Persatuan dan Semangat Kerja yang Tinggi, Satuan Polisi Pamong Praja siap memberikan Pelayanan yang Profesional, Humanis dan Tegas”.