Ikuti Kami

Disbudpar Gelar Utsawa Merdangga Gong Kebyar Anak-anak

Admin bulelengkab | 16 Oktober 2014 | 158 kali

Gong Kebyar merupakan salah satu produk Seni Budaya yang menjadi kebanggaan masyarakat tidak saja ditempat kelahirannya yaitu Buleleng, tetapi sudah meluas ke daerah lain di Bali  dan bahkan telah menyebar luas pula keseluruh penjuru dunia.

Sebagai produk Seni Budaya Gong Kebyar telah mampu mengangkat Citra Budaya Bali di mata masyarakat internasional, kenapa demikian karena pementasan Gong Kebyar tidak dilaksanakan di daerah - daerah di Bali, tapi juga dilaksanakan oleh masyarakat dunia, bahkan mereka sangat fanatik sampai membentuk Sekaa yang paten seperti Sekaa Gong Kebyar Sekar Jaya di Amerika Serikat, Sekaa Gong Kebyar Sekar Jepun di Jepang, Sekaa Saling Asah di Belgia dan banyak lagi Sekaa tersebar di penjuru dunia. Dan ini membuktikan bahwa Gong Kebyar diminati besar oleh masyarakat dunia.

Disamping itu produk kebudayaan harus mendapat perlindungan oleh setiap warga Negara sesuai amanat Undang Undang dasar  Negara R.I Tahun 1945. Dengan ini sudah sewajarnya saya mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjaga kelestarian produk kebudayaan itu, terutama keberadaan Gong Kebyar. Melalui kesempatan ini saya mengajak semua pihak untuk mencintai Seni Budaya, warisan nenek moyang terutama gong kebyar, alasannya sederhana, bahwa Gong Kebyar telah menjadi kebanggaan karena warisan Gong Kebyar yang lahir di daerah kita di Buleleng mendapat pengakuan dunia, kalau saya perbandingkan di olah raga, Gong Kebyar seperti Sepak Bolanya, oleh karenanya wanti-wanti saya himbau seniman, masyarakat, pemerintah terutama Disbudpar untuk tidak henti-hentinya berkreativitas dan tetap menjaga kreativitas dan  kelestarian Seni Budaya, salah satunya Gong Kebyar.

Maka dengan diputuskan nanti pada tanggal 24 OKTOBER 2014 generasi penerus Kesenian Gong Kebyar di Buleleng akan unjuk kebolehannya di areal Bekas Pelabuhan Buleleng.