Ikuti Kami

TP-PKK se-Bali Ramaikan Pasar Rakyat RTH Bung Karno

Admin bulelengkab | 10 Agustus 2022 | 78 kali

Geliat UMKM di Bali menjadi perhatian khusus TP-PKK Provinsi Bali. Kali ini, tim yang dinahkodai oleh Ny. Putri Suastini Koster itu menggelar Pasar Rakyat PKK yang melibatkan TP-PKK dari seluruh kabupaten/kota se-Bali dengan menunjuk TP-PKK Kabupaten Buleleng sebagai tuan rumah.


Kegiatan yang bertempat di RTH Bung Karno pada Rabu, (10/8) itu mengusung konsep belanja dan berbagi dengan juga mengundang 100 keluarga kurang mampu serta penyandang disabilitas dari 9 kecamatan se-Kabupaten Buleleng.


Ditemui disela-sela kegiatan, Ny Putri Suastini Koster menerangkan Kegiatan yang diinisiasi oleh TP PKK se-Bali ini merupakan kegiatan yang memberikan banyak manfaat kepada masyarakat sesuai visi misi kita yang muaranya ada dikeluarga dan ingin kedepannya PKK TP PKK Baik di lingkup Kabupaten/Kota di Provinsi Bali ini  bisa makin menggeliat, serta semakin bisa menggerakkan masyarakat. Dan jika masyarakat ikut mendukung yang dilakukan TP PKK ini  sama dengan mewujudkan program program pkok dari pemerintah kita 

“Dengan sinergitas kita antar pemerintah di Provinsi dan Kabupaten niscaya kita dapat mewujudkan masayarakat yang tata tentram kerta raharja,”harapnya.


Disinggung menganai permasalahan penanganan stunting di Bali dirinya menyampaikan jika dari sisi PKK dalam melakukan sosialisasi dan aksi sosial, dan tim penurunan stunsting di masing masing kabupaten/kota sebali ini sudah mengerahkan tenaga melalui intervensi sensitive dan  intervensi medis.


Menggerakkan dan menginformasikan bahwa pencegahan stunting ini dilakukan agar badan tidak sakit melalui pola makan yang bagus, pola istrhat, kemudian pola pikir.


Lebih lanjut disampaikan walaupun sekarang secara ekonomi kita mapan, tapi jika kita tetap menerapkan pola makan yang tidak bagus dan lalai dalam menjaga gizi tubuhnya maka membuat tubuh yang lemah dan secara otomatis membuat janin yang didalam menjadi lemah.

“Walaupun angka kasus stunting di Bali kecil, tapi kita usahakan agar bisa mendekati nol kasus dan mencegah supaya tidak ada lagi kasus selanjutnya,”terangnya.


Sementara itu, dalam laporannya PLT Ketua TP Penggerak PKK Ny Wardhani Sutjidra Kabupaten Buleleng menerangkan Pasar Rakyat ini merupakan kegiatan gotong royong dengan konsep berbelanja dan berbagi, serta sebagai wadah untuk memperkenalkan produk – produk olahan hasil pertanian beserta produk hasil UMKM yang menjadi cirikhas buleleng. 

“Ini merupakan wujud kepedulian dan gotong royong tim penggerak PKK baik provinsi maupun Kabupaten/Kota se provinsi Bali,”ujarnya.


Ditambahkan juga Ibu Wardhani Sutjidra menyebutkan dengan Visi Pemprov Bali”Nangun Sat Kerthi Loka Bali” yang sudah dirasakan langsung  dengan diresmikannya RTH Taman Bungkarno tanggal 30 maret 2022, sehingga dapat menjadi ikon kabupaten buleleng yang mana pada kegiatan ini dapat memperkenalkan kepada seluruh masyarakat yang bisa hadir saat ini sebegai destinasi wisata di buleleng dan menjadi tempat yang strategis untuk mengadakan pertunjukan.


“Bahkan RTH ini sudah sering dipergunakan untuk menampilkan pagelaran seni dan budaya dan mudah mudahan dapat memberikan kesan baik bagi peserta PKK dari Kabupaten lain di Bali,”tandasnya.


Dikesempatan yang sama, salah satu pengisi stand UMKM  Made Liyadi menyebutkan kegiatan ini sangat mensuport UMKM disini dalam pemasaran dan mampu meningkatkan penjualan. Dan berharap kegiatan seperti ini dapat ditingkatkan serta terus dilaksanakan sehingga dapat membantu UMKM dalam meningkatkan produktivitas.


“Apalagi peserta hari ini datang dari berbagai kabupaten/kota di Bali, jadi sangat membantu promo usaha kita,” pungkasnya. (ang)