Ikuti Kami

Tingkatkan Kualitas Pelayanan Informasi, Pemkab Buleleng Laksanakan Studi Komparasi

Admin bulelengkab | 22 September 2022 | 106 kali

Peningkatan kualitas pelayanan terutama dalam publikasi informasi terhadap masyarakat menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng. Atas hal itu Pemkab Buleleng melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik (Kominfosanti) dan Bagian Prokompin Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah (Prokompin Setda) Kabupaten Buleleng melakukan studi komparasi bersama sejumlah awak media lingkup Kabupaten Buleleng ke Pemerintah Kota Denpasar, bertempat di Ruang Rapat Praja Utama Gedung Sekretariat Daerah Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar, Kamis (22/9).


Studi komparasi yang diterima langsung oleh Kepala Bagian (Kabag) Prokompin Kota Denpasar I Dewa Gede Rai itu  bertujuan sebagai media untuk bertukar informasi demi peningkatan kualitas pelayanan yang beradaptasi dengan perkembangan teknologi melalui sosial media. 


Ditemui usai kegiatan, Kabag Prokompin Setda Buleleng Nyoman Agus Tri Kartika Yuda mengatakan pelaksanaan kegiatan ini dengan maksud ingin mengetahui strategi dari Pemerintah Kota Denpasar dari kegiatan komunikasi pimpinan dan pengelolaan media sosial, serta bagaimana membangun hubungan dengan media masa dengan mengadakan acara jumpa media atau gathering, termasuk juga dengan melibatkan influencer-influencer yang dimiliki daerah dalam mensosialisasikan semua program-program yang dimiliki oleh pemerintah Kabupaten Buleleng. 


“Tentunya banyak hal bisa menjadi inspirasi untuk kita implementasikan di Buleleng,” ujar mantan Camat Seririt itu.


Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Gus tri itu menambahkan ada banyak hal yang disadari masih belum sempurna dalam pengelolaan informasi terutama salah satunya pada media sosial, kemudian dalam membangun hubungan dengan awak media, serta termasuk melibatkan komunitas dan influencer di daerah. Melihat hal itu, dirinya mengatakan akan secara bertahap melakukan perbaikan dan evaluasi terhadap semua hal yang sudah dilakukan selama ini, dan melalui kegiatan ini diharapkan dapat menjadi refrensi sebagai upaya memperbaiki celah-celah kekurangan yang dimiliki. 


Sementara itu, Kabag Prokompin Kota Denpasar I Dewa Gede Rai menerangkan bahwa dirinya menyambut positif kegiatan yang difasilitasi hari ini untuk saling bertukar informasi dan juga merangkul awak media dengan harapan output dari kegiatan ini bisa dikembangkan di daerah masing-masing. sehingga dapat menambah wawasan dan pengetahuan dalam hal strategi pengelolan komunikasi.


“Kamipun di Pemkot di Denpasar punya kegiatan seperti ini, hanya saja sebelumnya kebanyakan diluar daerah dan nantinya akan mencanangkan di dalam daerah khususnya di Kabupaten Buleleng,”pungkasnya.


Diakhir kegiatan dirangkaikan dengan penukaran cinderamata dari Pemerintah Kabupaten Buleleng dan Pemerintah Kota Denpasar. (ag)