Ikuti Kami

Rayakan Tumpek Uye, Pemkab Buleleng Lepas Liarkan Ribuan Burung dan Ikan

Admin bulelengkab | 29 Januari 2022 | 132 kali

Merayakan Hari Raya Tumpek Uye atau yang sering disebut Tumpek Kandang, Pemerintah Provinsi Bali memberikan arahan untuk menyelenggarakan pelepasliaran binatang/hewan seperti burung, ikan dan tukik serentak di seluruh Kabupaten/Kota di Bali. 


Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng dalam hal ini turut berpartisipasi dengan menyelenggarakan pelepasan burung dan ikan yang kegiatannya dipusatkan di Danau Tamblingan, Sabtu, (29/1).


Pada kesempatan itu, pelepasliaran burung dan ikan dilaksanakan Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana didampingi oleh Wakilnya I Nyoman Sutjidra serta Sekda Kabupaten Buleleng Gede Suyasa. Selain itu, turut hadir unsur Forkopimda Kab. Buleleng, dan jajaran perangkat daerah lingkup Pemkab Buleleng.


Sebelum pelaksanaan pelepasliaran burung dan ikan, terlebih dahulu dilakukan persembahyangan bersama di pelataran Pura Ulun Danu Tamblingan. Selain pelepasliaran burung yang total berjumlah 6.827 ekor itu, jajaran Pemkab Buleleng yang terdiri dari perangkat daerah, desa/kelurahan, dan satuan pendidikan juga melaksanakan pelepas liaran benih ikan sebanyak 167.267 ekor, dan pelepasan 6.497 ekor tukik pada sejumlah titik pantai di Kabupaten Buleleng. 


Ditemui usai kegiatan, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana mengatakan kegiatan ini adalah sebagai bentuk rasa syukur akan karunia Ida Sang Hyang Widhi Wasa yang diberikan dalam wujud hewan. Untuk itu, sebagai umat beragama sewajibnya turut andil dalam pelestariannya.


Untuk itu, melalui kegiatan ini Bupati yang akrab disapa PAS itu berharap dapat turut berkontribusi dalam pemulihan ekosistem dengan bertambahnya populasi spesies hewan yang pada kali ini dilepas liarkan. (can)