Ikuti Kami

Tanggap Cepat Mengatisipasi Wilayah Rawan Bencana, Dinas PUTR Buleleng Lakukan Kerja Bakti Pengerukan Sedimen

Admin bulelengkab | 04 Desember 2020 | 98 kali

Tanggap cepat dalam mengatisipasi wilayah rawan bencana banjir, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Buleleng melakukan kegiatan kerja bakti pengerukan sedimen di sepanjang Jalan Laksamana Desa Baktiseraga, Jumat, (4/12). Kegiatan itu dilakukan sehubungan dengan hari Kebaktian Pekerjaan Umum ke-75 tahun.

Dalam kesempatan itu, Kepala Bidang Cipta Karya Gede Suharjono, ST.MT ditemui saat kegiatan menjelaskan dalam kegiatan itu dilakukan secara rutin dalam membersihkan saluran air yang mampet guna mencegah terjadinya bencana banjir pada musim hujan. Kegiatan itu melibatkan sepuluh mandor dengan tenaga dari Dinas Pekerjaan Umum tujuh puluh orang dan masyarakat di sekitar yang dibagi beberapa tempat di sepanjang jalan itu. Dimana kegiatan itu tetap menerapkan protokol kesehatan dalam upaya mencegah terjadinya Covid-19. Selain itu, Kabid Suharjono berharap kegiatan itu dilakukan secara maksimal guna mengurangi sedimentasi sampah.

Sementara itu, Perbekel Desa Baktiseraga Gusti Putu Armada saat ditemui di sela-sela kegiatan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah khususnya Dinas PUTR Kabupaten Buleleng menurunkan tim yang lengkap dalam melaksanakan gotong royong di bagian saluran air yang ada di sepanjang Jalan Laksamana Desa Baktiseraga bisa di normalkan kembali. Dimana dalam tahun 2018 Desa Baktiseraga disentuh dengan normalisasi saluran, sodetan yang dibangun di Jalan Simakarma yang berdapak baik di sepanjang jalan itu sampai tahun 2020. “ Kami rasakan di tahun 2020 tidak lagi tahun sebelumnya, “ ucapnya.

 


Disinggung masalah sampah, perbekel Putu Armada menjelaskan Dimana sebelumnya Desa Baktiseraga memiliki fasilitas pengolahan sampah yang mumpuni yaitu Tempat Pengolahan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS 3R). Dengan adanya tempat itu, perbekel Putu Armada mengajak masyarakat guna berpartisipasi dalam menjaga lingkungan dan tidak membuang sampah pada aliran air yang ada di desa itu sendiri.

Lebih lanjut, Perbekel Armada berharap kedepannya bagimana menata fungsi dan pemanfaatan dan terus berkoordinasi kepada Dinas PUTR sungai yang ada di desa itu, dan dirinya juga berkoordinasi terhadap Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Buleleng guna memanfaatkan sungai yang dijadikan tempat irigasi bisa dijadikan semacam rumah ikan. (wir)