Ikuti Kami

Antisipasi Lonjakan Pemudik, Kemenkes Siapkan 13.968 Fasilitas Kesehatan

Admin bulelengkab | 25 April 2022 | 133 kali

Pada lebaran tahun ini, pemerintah memperkirakan sebanyak 85 juta orang akan melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman. Dengan itu, untuk mengantisipasi adanya pemudik yang sakit ataupun butuh pertolongan medis yang cepat dan memadai, Kementerian Kesehatan menyiapkan 13.968 fasilitas kesehatan yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. Terdiri dari 10.292 puskesmas, 3.034 rumah sakit, 251 Public Safety Center (PSC), 51 KKP dan 340 Pos Kesehatan. Demikian diungkapkan Koordinator Bidang Data dan Informasi Ketut Suwarmawan selaku Kadis Kominfosanti Kabupaten Buleleng saat penyampaian rilis harian di ruang kerjanya, Senin, (25/4).


Lebih lanjut disampaikan oleh Kadis yang akrab disapa Ketsu, Kemenkes telah menyediakan 340 pos kesehatan yang dilengkapi dengan ambulance roda dua dan roda empat yang ditempatkan di berbagai rest area di jalan toll, pintu exit toll, jalur toll, jalur jalan raya non-toll dan beberapa lokasi wisata. 


“Dengan adanya pos Kesehatan ini diharapkan bisa meminimalisir  risiko kesehatan selama perjalanan mudik, supaya mudik sehat, aman dan nyaman,” ujar Ketsu.


Selain menyiapkan pos kesehatan disepanjang jalur mudik, pada saat yang sama Ketsu mendorong masyarakat yang akan mudik Lebaran untuk menyegerakan vaksinasi booster. Karena dengan mobilitas masyarakat yang tinggi, risiko penularan COVID-19 juga akan meningkat. 


Dibutuhkan perlindungan tambahan salah satunya dengan pemberian vaksinasi booster COVID-19. Vaksinasi booster ini penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga perjalanan mudik jadi lebih sehat, aman, dan nyaman.


“Walaupun kegiatan mudik tahun ini sudah disediakan beberapa fasilitas kesehatan untuk mendukung mobilitas masyarakat, saya menyarankan agar masyarakat menjalankan vaksinasi booster, dengan tetap senantiasa menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, dan menerapkan aplikasi PeduliLindungi, " pungkasnya. 


Sementara itu terkait perkembangan Covid – 19 di Kabupaten Buleleng,  Ketsu menyebutkan hari ini nihil kasus terkonfirmasi baru, sedangkan terdapat 1 orang yang sembuh dan 4 orang dalam perawatan. (Ang)