Ikuti Kami

Kolaborasi Anggota Komisi IX DPR RI dan Balai Besar POM Denpasar Berikan Literasi ke SMA Bali Mandara

Admin bulelengkab | 10 Maret 2020 | 90 kali

Anggota Komisi IX DPR RI, I Ketut Kariasa Adnyana, S.P menggandeng Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (POM) Denpasar lakukan literasi Pemberdayaan Masyarakat Tentang Obat dan Pangan Aman di Aula SMA Bali Mandara, Desa Kubutambahan, Selasa, (10/3).

 

Dalam kesempatan itu, Kariasa Adnyana menerangkan literasi itu dilakukan menyasar generasi muda agar memahami dengan baik jenis-jenis obat, kosmetik dan makanan yang layak digunakan dan dikonsumsi. Selain itu, Kariasa Adnyana juga menambahkan pihaknya selaku Anggota Komisi IX yang membidangi kesehatan dan ketenagakerjaan wajib memberikan sosialisasi ke seluruh masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda. 

 

Terkait perkembangan SMA Bali Mandara, Kariasa Adnyana mengaku bangga atas geliat prestasi siswa-siswi dibawah pimpinan Kepala Sekolah, Drs. I Nyoman Darta, M.Pd. Bagaimana tidak, sebagian besar lulusan SMA Bali Mandara melanjutkan ke perguruan tinggi, bahkan sampai ke Institut Teknologi Bandung dan Universitas Gajah Mada. “Hanya beberapa lulusan saja yang langsung bekerja, data ini sesuai laporan kepala sekolah,” ujarnya.

 

Sebagai bentuk apresiasi kepada OSIS SMA Bali Mandara, Kariasa Adnyana dalam kesempatan itu juga memberikan bantuan materi sebesar 10 juta rupiah. “Saya berharap bantuan yang tidak begitu besar ini dapat dipergunakan dengan baik dalam mendukung kegiatan adik-adik (siswa) semua,” harapnya.

 

Sementara itu, menanggapi pelaksanaan literasi yang dilaksanakan di SMA Bali Mandara, Kepala Sekolah Nyoman Darta mengaku senang dan bangga karena menjadi salah satu tujuan diberikannya pemahaman akan pentingnya tetang obat dan pangan yang aman. Selain itu, Nyoman Darta juga menyampaikan, literasi yang diberikan sangat nyambung dengan kondisi sekolahnya yang memiliki asrama dan memasak langsung di sekolah. “Saya berterimakasih kepada Bapak Kariasa Adnyana dan Balai Besar POM Denpasar atas edukasi yang diberikan kepada guru dan murid kami. Kami jadi tahu tata cara memilih dan menggunakan obat serta makanan dengan baik dan benar,” ujar Nyoman Darta.

 

Senada dengan Anggota Komisi IX DPR RI, Kepala Bali Besar POM Denpasar, Dra. Ni G.A.N. Suarningsih, APT.,MH, kolaborasi literasi yang dilakukan bersama Bapak Kariasa Adnyana merupakan salah satu upaya  pencegahan dan pemberian edukasi kepada masyarakat dan generasi muda. Suarningsing mengaku, sosialisasi yang dilakukannya tidak hanya menyasar ke sekolah, melainkan juga ke seluruh masyarakat di Bali, baik itu melalui tatap muka, maupun media sosial dan siaran awak media.

 

Turut hadir dalam kegiatan itu, perwakilan Dinas Kesehatan Buleleng, BPOM Buleleng, Perbekel Desa Kubutambahan, Gede Pariadnyana, guru beserta siswa SMA Bali Mandara. (Agst).