Ikuti Kami

Pertama di Buleleng, di Tahun 2023 Desa Patas Lakukan Tes Urin Kepada Perangkat Desanya

Admin bulelengkab | 10 Maret 2023 | 211 kali

Untuk mewujudkan desa yang bersih terhadap Narkoba, harus dimulai dari perangkat desanya.    Di Buleleng di tahun 2023 ini Desa  Patas Kecamatan Gerokgak merupakan desa yang pertama melakukan tes Narkoba terhadap perangkat desanya. Demikian disampaikan Perbekel Desa Patas I Kadek  Sara Adnyana usai melakukan tes Narkoba di kantornya, Kamis, (9/3). 


Lebih jauh disampaikan oleh Perbekel Adnyana, bahwa Narkoba diklasifikasikan ekstra ordinary crime atau kejahatan luar biasa. Sebagai deteksi dini, aparatur desa hendaknya memberikan contoh, mengedukasi akan bahaya Narkoba. Untuk itu pihaknya bekerjasama dengan Badan Narkotika   Kabupaten (BNNK) Buleleng memberikan sosialisasi Narkoba  dan sidak tes urine bagi perangkat desa. 


"Sebanyak 20 aparat desa dan 5 orang perwakilan masyarakat melakukan tes urine bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional   Kabupaten (BNNK) Buleleng untuk mencegah penggunaan Narkoba," ungkapnya. 


Lanjut Perbekel Adnyana, pihaknya dalam APBDes telah merencanakan dan mengalokasikan anggaran untuk program tes Narkoba secara berkala setiap tahun. "Saat ini perangkat desa dahulu kemudian Prajuru Adat, BPD dan nanti kita rencanakan lagi agar ke depannya tes ini rutin dilakukan," terangnya. 


Dipengujung, pihaknya memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada BNNK Buleleng telah meluangkan waktu melakukan tes hari ini. Pihaknya juga berharap kepada seluruh staf agar tidak coba-coba terhadap Narkoba. "Jadilah contoh bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat, serta ajak masyarakat untuk peduli dan tanggap akan penyalahgunaan Narkoba. Katakan tidak pada Narkoba, " tegasnya. 


Sampai kegiatan tes urin ini selesai, BNNK Buleleng menyatakan seluruh perangkat desa yang dites semua negatif.(wd).