Ikuti Kami

Bupati PAS Harapkan Perumda Tirta Hita Berkontribusi Terhadap Pelestarian Lingkungan

Admin bulelengkab | 26 Juli 2022 | 64 kali

Sebagai bentuk optimalisasi pelayanan terhadap masyarakat Kabupaten Buleleng, Perumda Tirta Hita Buleleng mengadakan Rapat Pemilik Modal Tahunan Perumda Tirta Hita tahun buku 2021 yang dihadiri langsung oleh Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana selaku Kuasa Pemilik Modal didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng Gede Suyasa selaku Ketua Dewan Pengawas  bertempat di Smart Room Perumda Air Minum Tirta Hita Buleleng, Selasa, (26/7). 


Agenda yang dibahas dalam rapat ini yaitu pengesahan laporan evaluasi kinerja pencapaian tahun buku 2021 yang harapannya Perumda Tirta Hita terus memberikan peningkatan kuantitas, kualitas, kontinuitas pelayanan terbaik kepada masyarakat serta menjadi perusahaan daerah yang berfungsi sosial. 


Diakhir kegiatan disertai penandatangan berita acara kegiatan Rapat Tahunan, pengesahan dan persetujuan Laporan Tahunan Direksi dan Dewan Pengawas, serta pengesahan perhitungan Laba Rugi dan Neraca tahun buku 2021.


Ditemui usai kegiatan, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana menyampaikan apresiasinnya terhadap pencapaian secara keseluruhan bahwa laporan keuangan Perumda Tirta Hita Buleleng ini luar biasa. Dan mengharapkan agar pelayanan kedepannya makin bagus.


Lebih lanjut, Bupati yang akrab disapa PAS ini menyampaikan dengan dibangunnya jalan short cut Singaraja – Mengwitani akan banyak pohon yang dipotong, maka dari itu kedepan dana CSR yang dimiliki Perumda ini agar dapat digunakan untuk reboisasi kembali yang harapannya perusahaan tidak hanya mendapat penghargaan dari segi pelayanannya saja melainkan dapat berkontribusi mendapatkan penghargaan dalam pelestarian lingkungan seperti contohnya Penghargaan Kalpataru.


“Karena pelestarian lingkungan ini berkaitan juga dengan keberlangsungan perusahaan,”ucapnya.


Terkait pemanfaatan bendungan yang ada, dirinya meminta agar dibuatkan business plannya yang jelas terlebih dahulu kemudian dari pihak Perumda agar berani berinvestasi jika bawasanya business plannya itu bagus prospek kedepannya.


“Intinya kita harus berbanding lurus antara keuntungan dengan kualitas cakupan pelayanan,”tandasnya.


Sementara itu, dikesempatan berbeda Made Lestariana selaku Direktur Utama Perumda Tirta Hita Buleleng mengatakan dengan performa yang sudah baik ini agar kedepan bisa berinvestasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan dengan membangun infrastruktur yang mendukung sistem di lapangan melalui kajian yang matang dari sisi perusahaan. Tentunya tidak hanya dengan mengandalkan modal dari Pemerintah Daerah (Pemda) melainkan bisa mendanai investasi melalui pinjaman bank berdasarkan gambaran kinerja keuangan yang sudah dihasilkan.


Ditambahkannya, atas intruksi Bupati Buleleng dalam rapat yang meminta agar dari Perumda bisa melakukan terobosan keberlanjutan yang berhubungan terhadap lingkungan dengan menggunakan dana CSR. Dan nantinya agar memiliki satu tempat penanaman bibit pohon yang berfungsi untuk menangkap air.


“Jadi kita harapkan nilai tambah perusahaan yang selain dari sisi keuangan dan kinerja sudah bagus, juga dari sisi lingkungan harus tetap ditonjolkan,”pungkasnya. (Ag)