Ikuti Kami

Pantau Pelaksanaan PSU Pada Empat TPS, Pj Lihadnyana Menilai Sudah Berjalan Lancar

Admin bulelengkab | 20 Februari 2024 | 485 kali

Antusiasme dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam menggunakan hak pilihnya pada Pemungutan Suara Ulang (PSU) yang terselenggara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 4 & 5 Desa Temukus serta TPS 5 & 6 Desa Pedawa dipastikan berjalan lancar, aman dan kondusif. Hal tersebut terungkap dalam pelaksanaan peninjauan langsung PSU oleh Pj Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana, Sekretaris Daerah Buleleng Gede Suyasa, serta Forum Kooordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Buleleng, Selasa, (20/2).


Dalam kegiatan tersebut, Pj Lihadnyana berharap kepada seluruh masyarakat agar saling menghormati pilihan masing – masing dalam menyuarakan hak pilihnya dalam pesta demokrasi ini, dan patut bersyukur karena sejauh ini pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Buleleng relatif aman, damai, dan lancar. Meskipun ada PSU, Pj Lihadnyana menilai hal ini akan menjadi evaluasi kedepan pada saat Pemilu atau Pemilukada mendatang.


Pihaknya menambahkan jika partisipasi masyarakat pada Pemilu 2024 jauh lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya karena sosialisasi yang begitu massif sehingga bisa meningkatkan kemauan masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya untuk memilih pemimpin berdasarkan hati nurani dan membawa Kabupaten Buleleng dalam melakukan pembangunan secara berkelanjutan.


“Pada prinsipnya kita di Pemkab Buleleng mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Buleleng yang sudah menggunakan hak pilihnya serta menjaga kondisi jalannya Pemilu yang kondusif,”tegasnya.


Sementara itu, Ketua KPU Buleleng, Komang Dudhi Udiyana berharap antusiasme dari DPT yang ada di empat TPS pelaksanaan PSU ini tetap terjaga dan menggunakan hak pilihnya.


Pihaknya menambahkan bahwa pada hari ini juga diadakan Rapat Pleno di tingkat Kecamatan dan ditargetkan penyelesaian rekapitulasi suara tersebut berakhir pada tanggal 28 Februari kemudian di lanjutkan di tingkat Kabupaten pada Bulan Maret.


“Kita optimis bahwa partisipasi pemilih PSU ini sesuai yang kita harapkan,”tegasnya.


Masih ditempat yang sama, Ketua Bawaslu Buleleng, Kadek Carna Wirata menerangkan bahwa selama pelaksanaan Pemilu minggu lalu ataupun hingga PSU sampai saat ini kita tetap melakukan pengawasan dan pencegahan potensi pelanggaran yang ada, dan nantinya bagi yang melanggar tersebut baik dari Caleg maupun tim pemenangannya akan kita jatuhi sanksi sesuai dengan peraturan Undang Undang 7 tahun 2017 tentang Pemilu.


“Langkah pencegahan terus kita upayakan agar tidak sampai terjadi pelanggaran dalam tahapan Pemilu ini, dan berharap adanya PSU ini tidak menyurutkan semangat masyarakat menggunakan hak pilih,”tutupnya. (Ag)