Ikuti Kami

Wabup Sutjidra Harap, Perayaan Tumpek Landep Dapat Menajamkan Pikiran

Admin bulelengkab | 09 April 2022 | 357 kali

Sehubungan dengan perayaan hari raya Tumpek Landep, yang jatuh pada Saniscara Wuku Landep, Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra, Sp. OG beserta Ibu Ny. Ida Ayu Wardhani, Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna, Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng Gede Suyasa serta kepala OPD di Lingkup Pemkab Buleleng melaksanakan upacara Jana Kerthi, di Pura Segara Penimbangan, Sabtu, (9/4). 


Upacara Jana Kerthi sebagai pelaksanaan tata-titi kehidupan masyarakat Bali berdasarkan nilai-nilai kearifan lokal Sad Kerthi dalam Bali era baru ini dilakukan secara serentak di seluruh Bali. 


Ditemui usai melakukan persembahyangan, Wabup Sutjidra menyampaikan, dalam perayaan Tumpek Landep ini, diharapkan nantinya bisa menajamkan dan mengendalikan pikiran untuk kehidupan yang lebih baik serta meningkatkan jati diri pada kehidupan sekarang. 


Selain itu, Sutjidra mengimbau kepada masyarakat Buleleng, selain melalukan persembahyangan, perayaan Tumpek Landep kali ini juga dilakukan penyucian diri sendiri. 


"Mudah-mudahan perayaan Tumpek Landep ini, dapat mengurangi hal-hal yang negatif. Mari kita membangun Buleleng yang bijaksana," ucap Sutjidra. (Wir)