Ikuti Kami

Luar Biasa! Pemkab Buleleng Raih Penghargaan Opini WTP Delapan Kali Berturut-turut

Admin bulelengkab | 07 November 2022 | 116 kali

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng  menerima penghargaan dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Penghargaan ini sebagai salah satu pemerintah daerah yang memperoleh opini wajar tanpa pengecualian (WTP) atas laporan keuangan selama 8 kali berturut-turut.


Pada kesempatan ini, penghargaan  diserahkan langsung oleh Dirjen Perbendaharaan Provinsi Bali Teguh Dwi Nugroho, S.E., M.M. kepada Penjabat Bupati Buleleng Ir. Ketut Lihadnyana, M.M.A. dengan didampingi oleh Ketua DPRD Kabupaten Buleleng berserta Sekda Buleleng dan disaksikan oleh seluruh pimpinan SKPD lingkup Pemkab Buleleng, di Lobby Kantor Bupati, Senin (7/11).


Diitemui usai kegiatan, Lihadnyana menyampaikan penghargaan ini merupakan bentuk dari apresiasi pemerintah pusat atau Kementerian Keuangan atas sistem tata kelola pemerintahan  yang  masuk dalam katagori WTP. 


"Buleleng juga telah menerima opini WTP sebanyak 8  kali berturut-turut, Untuk itu saya berharap WTP ini senantiasa kualitasnya terus meningkat. Artinya tidak banyak memiliki catatan-catatan," ucapnya.


Lihadnyana juga sangat mengapresiasi seluruh jajaran SKPD atas komitmen yang kuat untuk mewujudkan sistem tata kelola pemerintahan yang baik. Dimana didalam sebuah pengelolaan, perencanaan sampai dengan pengelolaan aset harus dikelola secara profesional, akuntabel, dan transparan serta dokumen yang jelas.


Opini WTP ini dapat diraih berkat kinerja yang konsisten dan kerjasama yang baik oleh seluruh perangkat daerah serta ketepatan waktu dalam menyusun laporan keuangan. Sehingga segala yang diupayakan oleh pemerintah menghasilkan karya nyata yang dapat melayani kebutuhan masyarakat. Hal itu menjadi pemacu semangat seluruh jajaran perangkat daerah untuk terus meningkatkan kualitas dalam mewujudkan pertanggungjawaban keuangan daerah.


"Mudah-mudah kedepan Buleleng akan tetap dan tidak hanya mempertahankan tetapi juga meningkatkan kualitas WTP yang diraihnya," harapnya 


Ditegaskannya, pencapaian itu tak lantas menjadikan jajaran Pemkab Buleleng berpuas diri, namun akan menjadi motivasi untuk terus menjaga dan meningkatkan kualitas performa kinerja pemerintahan. Khususnya dalam pengelolaan dan pelaporan Keuangan pemerintah daerah.


Sementara itu dikesempatan yang sama, Dwi Nugroho menyampaikan ucapan selamat dan apresiasinya kepada Pemkab Buleleng atas WTP yang diraih berkat sinergi daerah dan pusat yang sudah terlaksana dengan baik. Pihaknya berharap seiring dengan menggeliatnya perekonomian masyarakat dan pariwisata di Bali dapat mempercepat peningkatan perekonomian.