Ikuti Kami

Kader PKK Buleleng Unjuk Kebolehan Pada Lomba Puisi dan Pidato

Admin bulelengkab | 22 Juni 2022 | 124 kali

Guna meningkatkan jiwa patriotisme dan kepemimpinan Bung Karno serangkaian peringatan bulan Bung Karno IV, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupatan Buleleng menyelenggarakan Lomba Baca Puisi serta Pidato antar Kader PKK pada tingkat Kecamatan Se-Kabupaten Buleleng yang dibuka langsung secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng Gede Suyasa, di Gedung Wanita Laksmigraha Singaraja, Rabu (22/6). 


Kegiatan lomba yang mengusung tema "Adicita Danu Kerthi"  yang berarti menstanakan air dalam diri refleksi kepemimpinan Bung Karno merupakan serangkaian banyak kegiatan yang telah dilaksanakan sebelumnya dalam memperingati Bulan Bung Karno


Melalui sambutannya, Suyasa menyampaikan rasa terimakasihnya kepada PKK Kabupaten Buleleng yang telah menyelenggarakan kegiatan ini dan ikut serta berpatisipasi untuk mengenang kembali nilai - nilai, dedikasi, semangat perjuangan Bung Karno untuk Bangsa Indonesia, dan mengingatkan kepada masyarakat luas khususnya generasi milenial terhadap jasa-jasa Bung Karno. 


"Peringatan Bulan Bung Karno tentu saja harus dimaknai sebagai wahana refleksi diri terhadap    apa yang telah, sedang, dan akan dilakukan dalam mengamalkan Pancasila, "ucapnya. 


Selain itu, Suyasa menyebutkan keyakinannya  kepada generasi muda yang bersuka cita memikul tanggung jawab ideologis. Upaya ke arah itu bisa diawali dengan menunjukkan konsistensi perjuangan memenuhi hal - hal dasar warga secara proporsional dan profesional. 


"Harapan dari kegiatan ini kita mampu mewujudkan dan memperkuat ketahanan kita untuk selalu berlandaskan Pancasila dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara,"tegasnya.


Sementara itu, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Buleleng Ny. Dewi Suyasa yang mewakili Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Buleleng pada kesempatan ini menyebutkan bahwa melalui ajaran Trisakti Bung Karno yang menjadi pilar dari masa ke masa menjadi karakter bangsa Indonesia sangatlah relevan untuk mewujudkan keharmonisan alam, manusia, serta kebudayaan Bali. 


"Di era globalisasi diharapkan PKK dapat meningkatkan peran kinerja dan kemandirian sehingga dapat memberikan sumbangan bagi pembangunan bangsa, serta dapat menumbuhkan kemandirian masyarakat guna mewujudkan keluarga sejahtera,"sebutnya. 


Lebih lanjut, dijelaskan Ny. Dewi Suyasa mengenai peserta kegiatan Lomba Baca Puisi dan Pidato ini yaitu berasal dari Kader PKK perwakilan sembilan Kecamatan di Kabupaten Buleleng yang dananya bersumber dari Bantuan Keuangan Khusus (BKK) PKK Provinsi Bali. 


Ditemui usai kegiatan, salah satu peserta yang meraih juara satu pada Lomba Baca Puisi Putu Putri Adelia Savitri menyampaikan kebanggaannya karena ini merupakan kedua kalinya dirinya mengikuti lomba membaca puisi secara langsung. Dan dirinya mengapresiasi acara seperti ini serta berkeinginan agar kegiatan seperti ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya di Bulan Juni untuk mengingat jasa-jasa Bung Karno. 


"Saya berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Buleleng dan PKK Kabupaten Buleleng sudah menyelenggarakan kegiatan ini sekaligus memberikan wadah bagi seniman untuk mempertunjukkan kemampuannya,"ujarnya.


Dipengujung, pengumuman juara pada cabang Lomba Baca Puisi Juara 3 diraih oleh hendriyani perwakilan Kecamatan Buleleng, Juara 2 diraih oleh Dwisusanti perwakilan Kecamatan Kubutambahan, Juara 1 diraih oleh Putu Putri Adelia Savitri perwakilan Kecamatan Banjar. Selanjutnya pada cabang Lomba Pidato Juara 3 diraih oleh Made Ayu Widyaswari perwakilan Kecamatan Sukasada, Juara 2 diraih oleh Komang Susanti perwakilan Kecamatan Busungbiu, Juara 1 diraih oleh Gusti Ayun Trisnaputri Kecamatan Banjar. 


Untuk diketahui, peserta yang meraih juara 1  pada kegiatan ini akan tampil pada puncak acara Bulan Bung Karno yang diadakan di RTH Bungkarno pada tanggal 30 Juni 2022. (Ag)