Ikuti Kami

Dokter Arya Nugraha : Makanan Sehat, Investasi Masa Depan yang Tepat

Admin bulelengkab | 24 Oktober 2023 | 614 kali

Dokter (dr.) Arya Nugraha, Direktur RSUD Buleleng sekaligus seorang dokter spesialis penyakit dalam, menjelaskan pentingnya investasi dalam diet dan pola makan sehat. Dirinya menyoroti bahwa makanan bukan hanya sebagai sumber energi tetapi juga memainkan peran kunci dalam menjaga kesehatan kita sehari-hari.


"Makanan adalah sumber energi kita, mirip dengan senjata yang bisa melindungi atau mencederai diri sendiri. Jika kita mampu memilih nutrisi yang sehat, hidup kita akan menjadi sehat. Sebaliknya, makanan yang kurang sehat dapat membahayakan kesehatan kita," jelas Dr. Arya pada acara Podcast B-Kom, Selasa, (24/10).


dr. Arya mengaku bahwa sebagai seorang dokter, dirinya melakukan pendekatan pertama dalam memberi terapi kepada pasien bukanlah obat, melainkan diet yang baik dan olahraga yang sesuai dengan kondisi pasien. Nutrisi pun perlu disesuaikan seperti karbohidrat yang dapat diperoleh pada nasi, kentang, dan umbi-umbian serta protein hewani dan nabati.


"Banyak penyakit, jika ditangani dengan baik melalui pola makan yang sehat dan olahraga yang cukup, obat-obatan bisa dikurangi bahkan dihentikan," tambahnya.


dr. Arya juga mengaitkan pentingnya perhatian kepada kesehatan dalam tradisi dan budaya dalam pandangan tentang kesehatan. Dia mengingatkan bahwa banyak ungkapan sederhana seperti "Sehat dan panjang umur" pada ucapan ulang tahun menggambarkan keterkaitan antara kesehatan dan umur panjang. Doa masyarakat Bali juga pada umumnya seperti "Seger gen tunas tur mebekel" menyiratkan bahwa kesehatan prioritasnya berada di atas harta benda.


Makanan tinggi kalori yang tidak diimbangi dengan olahraga yang cukup kata dr. Arya dapat menyebabkan akumulasi radikal bebas dalam tubuh, yang dapat merusak pembuluh darah. Ini dapat mengakibatkan masalah kesehatan serius, seperti kolesterol tinggi, hipertensi, dan diabetes. dr. Arya menyatakan bahwa penyakit diabetes merupakan ancaman serius karena dapat merusak pembuluh darah di seluruh tubuh, mempengaruhi organ seperti otak, mata, jantung, ginjal, dan kaki.


"Yang perlu diingat adalah, apa yang kita makan memiliki dampak langsung pada kesehatan kita. Setiap organ dalam tubuh kita memiliki potensi untuk terpengaruh oleh pola makan kita," tegasnya.


dr. Arya Nugraha menutup wawancara dengan pesan kuat kepada masyarakat untuk lebih peduli tentang makanan yang mereka konsumsi dan pentingnya menjaga pola makan sehat serta rutin berolahraga sebagai investasi dalam kesehatan jangka panjang. Menurutnya, ini adalah kunci untuk menjalani kehidupan yang sehat dan bugar. (can)