Ikuti Kami

Disdikpora Buleleng Dukung Kwarcab Bangun Sinergitas Dewan Kerja Pramuka

Admin bulelengkab | 08 Mei 2022 | 52 kali

Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Buleleng mendukung upaya Kwartir Cabang Gerakan Pramuka (Kwarcab) Buleleng untuk membangun sinergitas Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pandega. Hal itu ditegaskan Kepala Dinas Disdikpora Kabupaten Buleleng, Made Astika didampingi Sekretaris Disdikpora, Ida Bagus Gde Surya Bharata usai membuka pelaksanaan Sidang Paripurna Pramuka Penegak dan Pandega yang disingkat Sidparcab Buleleng 2022, Minggu 8 Mei 2022 di Ruang Rapat Unit IV Kantor Bupati Buleleng.

Kadisdikpora Astika yang juga Wakil Ketua I Bidang Pembinaan Anggota Muda dan Dewasa Kwartir Cabang Buleleng berharap kegiatan Sidparcab Buleleng 2022 yang diikuti oleh 66 peserta dari 5 perwakilan DKR dari masing-masing Kwartir Ranting  se-Cabang Buleleng dan 21 anggota DKC Buleleng mampu merumuskan program dan langkah nyata untuk kegiatan dan pembinaan pramuka penegak dan pandega. 

“Tentunya sinergitas mulai dibangun melalui kegiatan ini sehingga aspirasi pramuka penegak dan pandega itu dapat disalurkan melalui program yang disusun oleh, dari dan untuk mereka, saya yakin ini akan mampu memberikan aksi nyata untuk mereka terus bergerak sebagai anak muda dan turut berpartisipasi mendukung pembangunan di daerah, sehingga kita berikan dukungan penuh,” tegas Astika.

Sidparcab Buleleng 2022 mengambil tema kegiatan Membangun Sinergitas Dewan Kerja yang terukur, terencana, dan aksi Nyata disingkat URA diharapkan Astika agar menjadi kegiatan untuk membantuk karakter generasi muda.

“Tema ini sangatlah milineal sesuai dengan Perkembangan Pramuka Penegak dan Pandega sehingga Pramuka menjadi solusi handal dalam mengawal pendidikan karakter generasi muda sejalan dengan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar sehingga mampu membentuk Profil Pelajar Pancasila,” ungkap Kadisdikpora Astika.

Dalam kegiatan Sidparcab Buleleng 2022 ini mengagenda Rapat Paripurna, Rapat Pleno dan Rapat Komisi Dalam Pembahasan Program Kerja Penegak dan Pandega di Kwartir Cabang Buleleng Tahun 2022 dan Rencana Kerja Pada Tahun 2023, kegiatan ini juga dihadiri Ketua DKD Bali, Ida Ayu Pradnyantari Dewi dan Sekretaris Kwarcab Buleleng Ketut Susila Widiarsana bersama sejumlah pengurus Kwartir Cabang Buleleng.