Ikuti Kami

DisdagperinkopUKM akan Dorong Digitalisasi UKM dan Spirit of Sobean

Admin bulelengkab | 01 Maret 2021 | 148 kali

Guna meningkatkan daya saing produk usaha kecil dan menengah (UKM) lokal Buleleng, Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi, dan Usaha Kecil & Menengah (DagperinkopUKM) Buleleng akan mendorong UKM di Kabupaten Buleleng untuk melakukan digitalisasi dan menerapkan standar kualitas Spirit of Sobean. Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas DagperinkopUKM Kab. Buleleng Dewa Made Sudiarta saat ditemui di ruang kerjanya pada Senin (1/3).


Lebih jauh, Sudiarta mengatakan digitalisasi UKM akan pihaknya wujudkan dengan Sistem Informasi Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM. Sistem informasi itu nantinya memungkinkan proses bisnis UKM terintegrasi dengan koperasi dan aplikasi marketplace.


Selain digitalisasi, Sudiarta juga sejalan dengan arahan Bupati Buleleng akan meningkatkan kualitas produk lokal Buleleng dengan standar Spirit of Sobean, yang akan diwujudkan dengan pendampingan berbasis sentra UKM.


Ditambahkan olehnya, Spirit of Sobean juga sejalan dengan program Bangga Buatan Indonesia yang digaungkan oleh Pemerintah Pusat.


Melalui segala upaya yang telah dilakukan, dirinya berharap daya saing UKM Buleleng akan terus meningkat sehingga dapat unjuk gigi baik di tingkat nasional maupun internasional. (can)