Ikuti Kami

Serangkaian Perayaan Hari Raya Nyepi, Desa Adat Buleleng Lakukan Tawur Agung Kasanga

Admin bulelengkab | 02 Maret 2022 | 373 kali

Serangkaian perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1944, Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra bersama Ketua DPRD Kabupaten Buleleng Gede Supriatna, Ketua Dekranasda Kabupaten Buleleng Ny Ayu Aries Sujati, Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng Gede Suyasa beberapa pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Buleleng menghadiri serta mengikuti muspayang bhakti pada upacara Tawur Agung Kesanga di Catus Pata Agung, Desa Adat Buleleng, Rabu, (2/3). 


Dalam pelaksanaan Tawur Agung Kesanga ini dipuput oleh Ida Pedanda Gede Putra Manuaba Geria Taman Manuaba Desa Kubutambahan Kecamatan Kubutambahan, Ida Sri Bhagawan Rama Sogata Geria Dalem Cili Ularan Kelurahan Sukasada Kecamatan Sukasada, Ida Rsi Bhujangga Waisnawa Kertas Nanda Geria Taman Kertha Banjar Taman Desa Bubunan Kecamatan Seririt, Ida Bhagawan Dharma Putra Yoga Geria Agung Bhuana Agung Desa Pelapuan Kecamatan Busungbiu, dan Ida Pandita Mpu Manik Jaya Kerti Geria Kundalini Sari Banjar Dinas Abasan Panji Kecamatan Sukasada. 


Dalam kesempatan itu, Wabup Sutjidra ditemui usai muspayang menyampaikan dengan dilaksanakannya kegiatan Tawur Agung Kesanga ini menjadi salah satu serangkaian dalam perayaan Catur Brata Penyepian. Dimana, hal ini diharapkan agar Bhuana Agung dan Bhuana Alit dapat bersih semua. 


Lebih lanjut, Sutjidra mengatakan pada masyarakat Buleleng agar bisa melaksanakan Catur Brata penyepian dengan baik. "Semoga di hari suci ini kita semua damai serta mendapat kebahagiaan. Barang tentu di tengah-tengah pandemi Covid-19 ini mengharapkan kami di Pemerintah Kabupaten Buleleng dan masyarakat Buleleng agar pandemi Covid-19 cepat melandai," harapnya. 


Lebih jauh, pihaknya mengajak kepada masyarakat Buleleng di dalam perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1944  ini, supaya bisa mengintropeksi diri agar kedepannya Buleleng menjadi lebih baik.


Sementara itu, ditemui di tempat yang sama, Kelian Desa Adat Buleleng Nyoman Sutrisna menyampaikan dalam pelaksanaan Tawur Agung Kesanga ini diawali dengan membentuk panitia. Dimana dalam bentuk panitia itu sudah berkoordinasi dengan instansi terkait baik di dalam melakukan kegiatan persiapan dan pelaksanaan Catur Brata Penyepian. 


"Pelaksaan ini kita dahului dengan pecaruan yang ada di Pura Desa dari jam 8 pagi sampai dengan jam 10 pagi. Lalu setelah itu kita melakukan persembahyangan bersama di Catus Pata Agung," ungkapnya. 


Lebih jauh, Sutrisna berharap mudah-mudahan dalam Tawur Kesanga ini bisa berjalan dengan lancar dan sukses. Tentu saja dirinya meminta kepada krama yang hadir tetap melakukan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19, dikarenakan hal ini merupakan suatu tatanan disiplin dalam melaksanakan Tawur Kesanga pada tahun 2022 yang masih dalam kondisi pandemi Covid-19. 


Ditambahkan, Sutrisna mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Buleleng yang memberikan tugas kepada Desa Adat Buleleng untuk melakukan Tawur Kesanga di tahun 2022.


"Mudah-mudahan apa yang menjadi tugas kami di desa adat ini, mewakili dari pada krama yang ada di Desa Adat Buleleng dan Kabupaten Buleleng, semoga pelaksanaan Catur Berata Penyepian berjalan lancar," ujarnya. (Wir)