Ikuti Kami

Bupati PAS Harap Job Fair Tahun ini Hasilkan Tenaga Kerja Handal

Admin bulelengkab | 29 Juni 2022 | 191 kali

Bupati Buleleng Putu Agus Suradnya berharap kegiatan Job Fair tahun ini bisa hasilkan tenaga kerja yang memiliki kualitas dan daya saing. 

Hal itu disampaikannya usai membuka Buleleng Job Fair Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Buleleng bertempat di Gedung Mr. I Gusti Pudja Eks Pelabuhan Buleleng, Rabu (29/6).

Bupati yang akrab disapa PAS itu menegaskan, pemberi kerja atau pembisnis mampu menciptakan inovasi baru sesuai dengan tren pasar di negara-negara maju saat ini.

"Memang ada hal-hal yang harus kita lihat mana yang boleh atau tidak. Karena kita masih tetap menjaga budaya Bali sebagai pakem pariwisata Bali. Tapi mau tidak mau pasti berkembang karena lifestyle sudah begitu," tegas Bupati asal Desa Banyuatis itu.

Sementara itu, ditempat yang sama, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Buleleng Komang Sumertajaya mengatakan kegiatan Job Fair ini adalah arahan dari Kementerian Tenaga Kerja yang semua daerah diinstruksikan untuk melakukan itu.

"Jadi, kita fasilitasi Job Fair ini. Kita pertemukan di sini antara pencari kerja dengan pemberi kerja. Mudah-mudahan Job Fair ini bisa dimanfaatkan untuk mencari pekerjaan," harapnya.

Kadis Sumertajaya menekankan agar kualitas pencari pekerjaan bisa lebih ditingkatkan dengan cara mengikuti pelatihan dari Lembaga Pelatihan Kerja (LPK). Sehingga dengan mengikuti pelatihan itu potensi dan kualitas pencari kerja bisa terlihat dan mampu bersaing nantinya di pasar kerja.

Kegiatan Job Fair ini disambut baik salah satu pengunjung dari Desa Kaliasem Kadek Edi Suarnaya. Ia mengatakan, di Job Fair ini banyak pilihan pekerjaan yang ditawarkan penyedia pekerjaan dari masing-masing perusahaan. Tentunya Job Fair dapat mempermudah akses bagi orang-orang yang mau mencari pekerjaan.

"Disini banyak ada pilihan pekerjaan. Kita bisa datang kesini tanpa harus mendatangi perusahaan secara individu, selain hemat waktu dan ongkos," ujarnya.

Edi Suarnaya berharap, semoga dengan diselenggarakannya Job Fair ini dapat mengurangi pengangguran di Kabupaten Buleleng.

Untuk diketahui, Job Fair Tahun 2022 ini akan terselenggara selama 3 hari, yaitu mulai tanggal 29 Juni sampai 1 Juli 2022. Sebanyak 20 perusahaan akan dilibatkan disini untuk dapat menyerap 2980 tenaga kerja. (Suy)