Ikuti Kami

Orang Tua Perlu Terapkan Pola Asuh Anak yang Tepat di Era Digital

Admin bulelengkab | 17 Oktober 2023 | 156 kali

Perkembangan teknologi dan digitalisasi telah merubah pola asuh anak-anak di era  modern. Diungkapkan pada Selasa, (17/10) oleh Konselor Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Kabupaten Buleleng, Luh Putu Yuli Surya Dewi, bahwa agar orang tua siap menerapkan pola asuh anak yang baik di era digital, mereka harus memahami pentingnya beradaptasi dengan generasi dan tren saat ini.


"Setiap era memiliki generasi yang berbeda. Oleh karena itu, pola asuh harus menyesuaikan dengan perkembangan era dan generasi kini," kata Yuli.


Salah satu tantangan utama dalam pola asuh anak di era digital adalah peran gadget. Gadget menjadi alat penting yang memuat berbagai jenis informasi dalam genggaman anak-anak. Oleh karena itu, pendampingan yang intens terhadap anak terkait penggunaan gadget sangat penting.


Yuli menekankan, orang tua perlu mengenalkan dan memberi pemahaman kepada anak mengenai manfaat gadget. Selanjutnya, mereka harus melakukan pendampingan yang berkesinambungan selama anak menggunakan gadget, dengan mengarahkan penggunaan gadget ke hal-hal positif.


Tindakan ini diharapkan dapat membantu anak-anak memperoleh manfaat maksimal dari penggunaan gadget dan juga melindungi mereka dari pengaruh negatif yang mungkin timbul. 


"Seiring dengan kemajuan teknologi, peran orang tua dalam mengarahkan anak-anak dalam menggunakan gadget menjadi semakin penting dalam upaya memberikan asuhan yang baik di era digital," tutupnya. (can)