Ikuti Kami

Tingkatan Produktivitas Penguatan Daya Saing Daerah, Pemkab Buleleng Rancang RKPD Semesta Berencana Tahun 2024

Admin bulelengkab | 04 Juli 2023 | 155 kali

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Buleleng, Putu Ayu Reika Nurhaeni menghadiri rapat fasilitasi rancangan akhir RKPD Semesta Berencana Kabupaten Buleleng Tahun 2024 dengan tema "Peningkatan Produktivitas untuk Penguatan Daya Saing Daerah" di Ruang Rapat Bappeda, Selasa, (4/7).


Dalam paparannya, Kaban Reika menyampaikan beberapa topik rancangan akhir RKPD semesta berencana diantaranya capaian mikro ekonomi Kabupaten Buleleng, keselarasan tema, sasaran dan prioritas pembangunan Tahun 2024, serta kerangka pendanaan indikatif.


Pada pencapaian ekonomi makro pembangunan, tahun 2022 struktur ekonomi Kabupaten Buleleng masih didominasi oleh kategori pertanian sebesar 21,54 persen dan kategori penyediaan akomodasi makan dan minum sebesar 14,55 persen. Untuk PDRB tahun 2022 meningkat sebesar 666 milyar dibandingkan tahun 2021.


Sementara itu, Indek Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Buleleng termasuk kategori tinggi dengan capaian lebih besar 70. Dimana pada tahun 2022 IPM Kabupaten Buleleng menepati posisi ke enam di Bali.


Melihat hal itu, pada tahun 2024 Pemerintah Kabupaten Buleleng akan memprioritaskan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia, perekonomian daerah berbasis potensi unggulan, kualitas infrastruktur layanan dasar, penurunan kemiskinan dan peningkatan perlindungan sosial, pemantapan stabilitas keamanan dan kenyamanan masyarakat, pelestarian adat dan budaya lokal, peningkatan kualitas lingkungan hidup serta peningkatan tata kelola pemerintahan yang efektif dan efesien. 


Kegiatan ini juga diikuti seluruh SKPD lingkup Pemkab Buleleng secara virtual. (Wir)