Ikuti Kami

Perayaan Hut Kota Singaraja, Disdukcapil Layani Ratusan Kepengurusan Adminduk

Admin bulelengkab | 02 April 2024 | 314 kali

Dalam perhelatan puncak perayaan Hut Kota Singaraja, yang diselenggarakan dari tanggal 26 - 30 Maret 2024 lalu, Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Buleleng menyapa masyarakat dengan pelayanan kependudukan dan disambut antusias masyarakat yang mencapai ratusan administrasi kependudukan.


Kepala Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil, Ketut Sudarmi, mengapresiasi antusiasme masyarakat yang telah mengurus administrasi kependudukan (adminduk) selama perhelatan tersebut. Adminduk yang berhasil diproses mencakup 119 item, termasuk perekaman e-KTP, cetak e-KTP, cetak Kartu Identitas Anak (KIA), cetak akta lahir, cetak Kartu Keluarga, serta aktivasi IKD.


"Pelayanan publik, khususnya dalam kepengurusan adminduk, sangat penting dilaksanakan secara berkelanjutan, bukan hanya pada acara khusus seperti ini," ujarnya.


Sudarmi juga menekankan pentingnya dukungan terhadap digitalisasi dengan menggencarkan aktivasi IKD, yang memberikan fleksibilitas dalam proses kependudukan karena semua data terkait terpusat dalam sistem tersebut.


Selain itu, pihaknya mengingatkan masyarakat yang belum mengurus adminduk atau mengalami kerusakan dan kehilangan dokumen untuk datang langsung ke kantor Disdukcapil atau Mal Pelayanan Publik (MPP), serta dapat memanfaatkan kegiatan Car Free Day di hari Minggu.


"Upaya pengurusan adminduk ini bertujuan untuk mencapai tertib kependudukan berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK)," tambahnya.