Ikuti Kami

Upaya yang Instens Dalam Pelestarian Lingkungan, Desa Wanagiri Raih Tropy Proklim Utama Tahun 2021

Admin bulelengkab | 19 Oktober 2021 | 115 kali


Berkat upaya yang intens dalam melestarikan lingkungan, kembali Desa Wanagiri,Kecamatan Sukasada yang menjadi wakil dari Provinsi Bali pada umumnya, Kabupaten Buleleng pada khususnya meraih tropy Program Kampung Iklim (Proklim) Utama di tahun 2021. Hal ini disampaikan langsung oleh Asisten II Setda Kabupaten Buleleng Ni Made Rousmini saat ditemui diruang kerjanya seusai penyerahan penghargaan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK RI) secara virtual, Selasa, (19/10).

Lebih lanjut, Made Rousmini mengatakan tropy utama yang diraih Desa Wanagiri ini merupakan peraihan tropy yang kedua. Sebelumnya, di tahun 2020 Desa Wanagiri juga memperoleh tropy Proklim Madya. Keunggulan yang diperoleh Desa Wanagiri di tahun 2021 adalah dengan melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim serta memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim dengan pertanian terpadu.

 “Kegiatannya itu berupa pemanfaatan limbah kotoran kambing yang diolah menjadi pupuk kompos, kemudian membuat pupuk cair dari ampas kopi, dan lain sebagainya. Itu menjadi unggulan bahkan mendapat nilai plus yang diperoleh Desa Wanagiri,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng Gede Melandrat menyampaikan dengan peraihan Proklim di tahun ini menjadikan bentuk dari kepedulian Pemerintah Kabupaten Buleleng sangat konsen terhadap perubahan iklim.

Lebih jauh, Kadis Melandrat mengungkapkan Pemkab Buleleng akan melakukan pembinaan dan bimbingan tidak hanya Desa Wanagiri, melainkan ke desa-desa lain. Hal ini dijadikan pemahaman bersama bahwa kelestarian lingkungan harus tetap dijaga. 

Terkait dengan Proklim ini, Melandrat menjelaskan Kabupaten Buleleng mengusulkan desa-desa yang memang memiliki potensi fisik maupun atas pemberdayaan masyarakatnya. Terhadap hal tersebut, mulailah dilaksanakan evaluasi penilaian yang dilakukan secara bertahap.  

Maka dari itu, Melandrat mengatakan kedepannya akan memacu pembinaan dan mendampingi masyarakat yang peduli akan lingkungan. Ini sebagai wujud keberhasilan Pemkab Buleleng untuk tetep eksis dalam pelestarian lingkungan. (Wir)