Ikuti Kami

Delapan Desa Wisata Buleleng Tembus 500 Besar ADWI 2022

Admin bulelengkab | 20 April 2022 | 550 kali

Sebanyak 3.419 desa wisata dari 34 provinsi  di Indonesia terdaftar pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Untuk Provinsi Bali terpilih 20 desa wisata yang masuk 500 besar ADWI 2022, 8 diantaranya adalah desa wisata yang ada di Kabupaten Buleleng.


"Kita patut berbangga, karena secara spektakuler 8 desa wisata yang ada di Kabupaten Buleleng berhasil masuk 500 besar ADWI 2022. Ini merupakan capaian yang  luar biasa dan tidak lepas dari kerja keras semua pihak, termasuk stake holder yang ada di desa," ungkap Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng Gede Dody Suksma Oktiva Askara saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (20/4).


 

Kadis Dody menjelaskan, setelah melewati serangkaian tahapan kurasi, berdasarkan penilaian dari Dewan Juri terhadap 7 kategori penilaian, klasifikasi dan kelengkapan data yang ada di website Jejaring Desa Wisata  (Jadesta), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan bangga umumkan 500 besar ADWI2022 melalui channel youtubenya yang ditayangkan Selasa kemarin.


Lebih lanjut, dari 500 nominasi ini akan dikerucutkan lagi untuk nantinya menjadi 50 besar dengan 7 kategori, yaitu kategori daya tarik wisata, home stay, konten digital kreatif, souvernir, toilet, CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainabillity), dan kelembagaan. Semua itu akan dirangkum di website Jadesta itu.


Sebagai dukungan dari pemerintah, pihaknya akan melatih operator desa wisata setempat untuk diberi pemahaman bagaimana caranya mengisi Jadesta, seperti bagaimana caranya membuat narasi tentang desanya, mengambil angle poto yang bagus, dan juga melengkapi video yang bernarasi. Karena teknis penilaian dari ADWI dilihat dari website Jadesta, selain itu juga akan diadakan pemantauan kelapangan.


"Kami akan bersinergi dengan OPD terkait untuk mendorong dan memacu bersama agar 8 desa wisata ini bisa menyempurnakan lagi website Jadestanya sehingga bisa tembus  50 besar nasional," ucapnya.


Capaian itu nantinya akan berdampak pada popularitas, sehingga desa wisata ini dikenal, banyak dikunjungi dan tentunya akan berdampak secara langsung dalam menggerakkan roda perekonomian setempat.


Untuk di ketahui, dari 75 desa wisata yang ada di Kabupaten Buleleng, yang mengikuti ADWI ada 29 desa wisata. Dari 29 desa wisata itu yang berhasil lolos hanya 8 desa wisata, diantara Desa wisata Les, Giri Emas, Julah, Munduk, Sudaji, Bondalem, Sambangan, dan Panji Eco Village.


"Tentunya bagi desa wisata yang belum lolos, kita akan selalu memberikan pendampingan agar ditahun berikutnya bisa berkiprah pada ajang yang sama. Seperti tahun sebelumnya, Desa Wisata Pemuteran yang berhasil terpilih menjadi desa wisata mandiri inspiratif dalam ajang ADWI 2021," pungkasnya. (Suy).