Ikuti Kami

Kemudahan Berinvestasi di Buleleng, MPP Layanan Online Solusinya

Admin bulelengkab | 28 Agustus 2024 | 214 kali

Masyarakat Buleleng yang ingin berinvestasi, kini sangat dimudahkan oleh pemerintah. Kehadiran Mall Pelayanan Publik (MPP) yang resmi berdiri pada akhir tahun 2023 kini semakin disempurnakan bagi masyarakat dalam mengakses berbagai layanan perizinan maupun non-perizinan, MPP Buleleng solusinya. Terletak di Pasar Banyuasri, kini menjadi pusat layanan terpadu yang melibatkan berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baik dari instansi pemerintah daerah maupun vertikal.


Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Buleleng, I Made Kuta saat dialog di salah satu radio, Senin,(26/8) mengatakan bahwa dengan hadirnya Mall Pelayanan Publik di Kabupaten Buleleng telah memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk menikmati segala bentuk layanan yang terintegrasi dalam satu pintu.  


“Adanya MPP ini sebenarnya sebuah solusi yang kemaren keluhan masyarakat bahwa masyarakat itu datang ke masing-masing OPD. Masyarakat cukup datang ke satu tempat saja sudah bisa semuanya terlayani disana, baik itu KTP atau mencari kerjanya bisa langsung masuk disana, notaris juga sudah kami siapkan disana, perbank-an juga disana. Akhirnya dia kan tidak kemana-mana, cuma satu tempat itu memudahkan dan biaya juga lebih murah,” kata Kuta.


Kuta memastikan MPP Buleleng akan terus beroperasi untuk melayani masyarakat dari Senin hingga Jumat, mulai pukul 07.30 hingga 16.00 WITA. Ia berharap keberadaan MPP ini dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat Buleleng. Meski begitu, Kuta juga menyadari perlunya sosialisasi yang lebih intensif agar keberadaan MPP ini dapat menjangkau lebih banyak masyarakat.


“Sebenarnya, kami sudah mulai melakukan sosialisasi termasuk melalui media online, bahkan saat BDF kemarin dan BDF tahun lalu kami hadir. Kami juga sudah menyediakan berbagai layanan digital yang memudahkan masyarakat untuk mengurus perizinan dan non-perizinan tanpa harus datang langsung ke kantor atau MPP. Contohnya adalah sistem aplikasi 'Si Ajaib' yang memungkinkan pengurusan izin secara online melalui OSS (Online Single Submission)," ujarnya.


Selain itu, untuk memudahkan akses layanan, DPMPTSP Buleleng juga telah meluncurkan aplikasi "Si Ajaib" yang memungkinkan masyarakat mengurus perizinan dari rumah. Kuta berharap, dengan semakin berkembangnya teknologi dan kemudahan yang disediakan, masyarakat Buleleng dapat memanfaatkan layanan ini secara optimal.(Skm)