Ikuti Kami

Raih Juara I Proklim Tingkat Nasional, Perbekel Wardana Siap Kembangkan Banana Smart Village

Admin bulelengkab | 10 November 2020 | 109 kali

Atas berbagai upaya yang dilakukan Pemerintah Desa Bukti, Kecamatan Kubutambahan dalam penguatan terhadap adaptasi perubahan iklim yang sering mengalami kekeringan telah berhasil menciptakan alam yang lestari. Terkait itu, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI memberikan penghargaan Tropy Program Kampung Iklim(Proklim) Tingkat Nasional sebagai Juara I yang diwakili oleh Bupati Buleleng Putu Agus Suradyana, ST kepada Perbekel Desa Bukti Gede Wardana di halaman Kantor Bupati Buleleng, Selasa, (10/11). 

Dalam kesempatan itu, Perbekel Gede Wardana mengaku bangga atas penghargaan tingkat nasional yang telah diterima, terlebih tahun ini meraih Juara I. “Dulu Desa Bukti pada tahun 2016 juga meraih penghargaan nasional namun sebagai Juara III, kini kami kembali meraih penghargaan Proklim sebagai Juara I. Kami bisa meraih prestasi ini berkat partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat Desa Bukti,” ujarnya.

Disinggung terkait inovasi pelestarian lingkungan ke depannya, Gede Wardana mengaku berupaya untuk mempertahankan raihan Juara I Proklim, dengan mengembangkan salah satu produk buah lokal unggulan yang sekarang bernama Banana Smart Village. “Sekarang kami sedang mengembangkan kualitas pisang di Dusun Sanih, Desa Bukti. Kami berharap masyarakat Buleleng tertarik berkunjung ke desa kami,” harapnya.

Sementara itu, menanggapi raihan prestasi Proklim Tingkat Nasional, Bupati Agus Suradnyana memberikan apresiasi kepada Pemerintah Desa Bukti yang telah mampu berkomitmen menjaga kelestarian lingkungan. Ditambahkan, sekarang ini sudah banyak masyarakat mulai sadar akan pentingnya kelestarian lingkungan, sehingga di Buleleng cukup banyak program-program dan inovasi dari berbagai lapisan masyarakat untuk menjaga kelestarian alam.

Bupati berharap langkah-langkah pelestarian alam tetap berlangsung dengan melibatkan generasi muda sebagai penerus bangsa.

Untuk diketahui, selain Penghargaan Proklim Lestari di Desa Bukti sebagai Juara 1 Tingkat Nasional, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI juga memberikan Sertifikat penghargaan Proklim Utama di 5 Desa di Kabupaten Buleleng, diantaranya Desa Penuktukan Kecamatan Tejakula, Desa Lemukih Kecamatan Sawan, Desa Panji Kecamatan Sukasada, Desa Tigawasa Kecamatan Banjar dan Desa Kedis, Kecamatan Busung Biu.  (dlno)