Ikuti Kami

Pemkab Buleleng dan Kominfo RI Sepakat Didik Lima Ribu Talenta Digital

Admin bulelengkab | 21 Desember 2021 | 177 kali

Berkat perjuangan maksimal dari Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng berhasil melakukan penandatanganan kesepakatan dalam pengembangan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) bidang Komunikasi dan Informatika untuk masyarakat Buleleng. Kegiatan penandatanganan kesepakatan ini dilaksanakn di Hotel Le Meridien Jimbaran, Bali, Selasa, (21/12). 


Kabupaten Buleleng, menjadi satu-satunya kabupaten di Bali yang terpilih oleh Kementerian Kominfo RI dalam mendidik lima ribu peserta talenta digital. 


Dalam sambutannya, Bupati yang biasa disapa PAS ini menyampaikan, kegiatan ini merupakan suatu potensi yang sangat penting dalam pengembangan keterampilan/soft skill masyarakat Buleleng, khususnya pada usia kerja dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) 


"Saya selaku kepala daerah sangat mendukung program ini, sudah tentu nantinya kerja sama ini bisa berlanjut, dan tahun depan kita bisa melaksanakan kembali dengan spesifikasi pelatihan dan jumlah peserta yang mencapai 5000 orang," ucapnya. 


Berdasarkan hal tersebut, dirinya mengatakan atas kerjasama dan dukungan dari seluruh stake holder, khususnya Kementerian Kominfo Republik Indonesia dalam mengembangkan wawasan bagi masyarakat Buleleng di bidang TIK untuk memiliki keterampilan dan kompetensi yang profesional sehingga mampu menjawab tantangan dunia usaha.


Kegiatan Pengembangan SDM digital dan teknologi infirmasi di Kabupaten Buleleng tahun 2022, nantinya sebagai komitmen bersama dalam pengembangan SDM digital dan teknologi, khususnya kepada masyarakat usia produktif di Kabupaten Buleleng. 


Sementara itu, Sekretaris Balitbang Kominfo RI Dra. Haryati, M. Kom, mengatakan, penandatanganan ini merupakan sinergi dan komitmen Kominfo RI dengan Pemerintah Kabupaten Buleleng dalam satu kerangka untuk mendekatkan masyarakat maupun ASN di Buleleng untuk mendapatkan pelatihan-pelatihan bidang TIK guna meningkatkan kapasitas terutama dalam membangun talenta di era digital. 


"Dari kesepakatan ini, nantinya akan ditindak lanjuti implementasinya. Pihak Pemkab Buleleng menyediakan peserta-peserta dari masyarakat maupun ASN di Buleleng untuk mengikuti pelatihan (DTS) Digital Talent Scholarship," ujarnya. 


Selain itu, pihaknya menyampaikan, target peserta dari pelatihan DTS ini meliputi lulusan SMA/SMK/Perguruan Tinggi, ASN, Wirausahawan, Profesional, maupun pelaku usaha/UMKM di wilayah Kabupaten Buleleng. (Wir)