Ikuti Kami

Cepat Tanggap! DLH Buleleng Bersama BPBD Buleleng Tangani Pohon Tumbang Atas Laporan Warga

Admin bulelengkab | 24 Agustus 2022 | 195 kali

Menanggapi laporan salah satu warga di Kelurahan Banjar Jawa, Kecamatan Buleleng terkait robohnya sebagian pohon perindang yang menimpa atap rumah warga di Jalan Ngurah Rai No. 65 Singaraja, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Buleleng bersama BPBD Buleleng cepat tanggap melakukan pemotongan pohon, Selasa malam, (23/8).

Menurut keterangan pemilik rumah, Mangku Lilik, (53), pohon perindang di depannya mulai roboh sebagian menimpa atap rumah sekitar Pukul. 18.00 Wita. “Saya lagi nyuci piring, terdengar bunyi kretek di luar. Saya kira apa, ternyata pohon besar depan rumah patah sebagian dan sedikit menimpa atap rumah bagian depan,” ujarnya.

Mangku Lilik yang enggan direkam keterangannya ini mengaku langsung meminta ponakannya untuk menghubungi pihak terkait untuk segera melakukan penanganan.

Usai menerima laporan warga, pihak DLH Buleleng cepat tanggap menyikapi laporan tersebut. Kabid Tata Lingkungan DLH Buleleng, Made Ardiana mengaku terjun langsung dengan tim pemangkas pohon bersama tim dari BPBD Buleleng. “Tadi sore kami menerima laporan. Kami bersama BPBD turun langsung melakukan pengecekan ke lokasi. Karena ini bersifat urgent dan harus ditangani segera, hari ini kami lakukan pemotongan,” ujarnya.

Ditambahkan, DLH memiliki satu unit truk khusus pemangkas, namun karena masih dalam perbaikan sehingga proses pemotongan pohon dilakukan secara manual dengan menggunakan dua gergaji mesin.

Kabid Ardiana menegaskan bahwa penanganan pohon tumbang akan dituntaskan hingga malam hari. Hal itu dilakukan demi memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan juga memberikan rasa aman. (Agst).