0362-21146 kominfosanti@bulelengkab.go.id
Pemkab Buleleng
Hari Pertama Vaksinasi Astrazeneca, Kelurahan Paket Agung Disiapkan 100 Dosis
Admin Pemkab Buleleng | 05 Mei 2021 | Dibaca 117 kali

Hari Pertama pelaksanaan vaksinasi Covid-19 lanjutan di Kecamatan Buleleng, sebanyak 100 dosis vaksin disiapkan bagi masyarakat Kelurahan Paket Agung. Vaksinasi yang dilaksanakan secara bersinergi oleh Puskesmas Sukasada II, Kelurahan Paket Agung, dan Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik Kabupaten Buleleng itu berlangsung pada Rabu (5/5) di Kantor Lurah Paket Agung.

 

Jumlah tersebut termasuk dalam target vaksinasi di Kelurahan Paket Agung yang secara keseluruhan dijatah sebanyak 1099 dosis.

 

Terpantau, masyarakat berusia 40 tahun ke atas yang merupakan sasaran vaksinasi kali ini sudah berkumpul di halaman kantor Lurah Paket Agung sejak pukul 8.30 WITA.  Terlihat antusiasme masyarakat untuk berpartisipasi pada vaksinasi yang tidak dipungut biaya ini.

 

Hal tersebut dibenarkan oleh Lurah Paket Agung Ketut Nuragia. Masyarakat Kelurahan Paket Agung menyambut baik vaksinasi karena menurutnya masyarakat sebagian besar sudah memahami bahwa vaksinasi ini dilakukan untuk mencegah paparan Covid-19 yang berbahaya.

 

Guna mendukung hal itu, pihaknya sudah memberikan sosialisasi terkait manfaat vaksinasi kepada seluruh masyarakat Kelurahan Paket Agung.

 

"Sebelum-sebelumnya saya datang ke rumah-rumah warga, untuk mengimbau vaksin itu bagus untuk mencegah Covid-19" jelasnya.

 

Nuragia berharap, melalui vaksinasi ini angka paparan Covid-19 di Kelurahan Paket Agung dapat ditekan. Hal itu agar masyarakat dapat beraktivitas secara normal tanpa takut akan bayang-bayang Covid-19. Tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

 

Sementara dari pihak Puskesmas Sukasada II, Koordinator Vaksinasi I Gede Suradnya mengatakan pada vaksinasi kali ini pihaknya menggunakan sistem terbaru dalam pelaksanaannya, sistem tersebut katanya lebih efisien sehingga memungkinkan pelaksanaan vaksinasi dapat dilakukan paling lama 15 menit per orang.

 

Sedangkan terkait personil yang dikerahkan, pihaknya terdapat 12 orang yang meliputi tim vaksinator, administrasi, dan screening. Ia mengatakan target vaksinasi per hari sebanyak 100 dosis, namun tidak menutup kemungkinan untuk lebih banyak pada hari-hari berikutnya.

 

Dirinya menjelaskan, penerima vaksin akan diperiksa secara lengkap mulai dari tensi hingga potensi alergi dan penyakit lainnya. Setelah tidak ada masalah, barulah vaksin akan diberikan.

 

Setelah vaksin diterima, penerima akan diminta untuk melakukan observasi sembari menunggu kartu vaksin diberikan. Vaksin kali ini merupakan dosis pertama, dosis kedua akan diberikan beberapa waktu kemudian.

 

"Jadi intervalnya 12 minggu, jadi mereka akan mendapat dosis kedua pada tanggal 28 Juli" tutupnya. (can)

Share Berita Ini :


© 2021 - Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kab. Buleleng