Ikuti Kami

Bentuk Generasi Muda yang Berkarakter, PMI Buleleng Gelar Jumbara ke-X 2024

Admin bulelengkab | 28 September 2024 | 14 kali

Membentuk generasi muda yang berkarakter dan handal serta memiliki daya saing yang tinggi, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Buleleng mengelar ajang kegiatan Jumpa Bhakti Gembira (JUMBARA) X Palang Merah Remaja (PMR) se-Buleleng, Sabtu – Selasa, 28 September – 1 Oktober 2024.

Penjabat (PJ) Bupati Buleleng yang diwakili Plt. Kepala Dinas Kesehatan Buleleng, dr. Putu Arya Nugraha, Sp.PD., Sabtu 28 September 2024 membuka secara resmi ajang Jumbara X PMI Buleleng ditandai dengan penancapan kapak kegiatan dan pengalungan tanda peserta serta peninjauan tenda ke seluruh peserta.

Plt. Kadiskes Arya Nugraha menyebutkan, kegiatan Jumbara tidak hanya menjadi ajang untuk berkompetisi, tetapi juga untuk meningkatkan interaksi sosial di antara para peserta, sehingga dapat berbagi pengalaman dan informasi mengenai isu-isu yang dihadapi remaja. “Jumbara diharapkan menjadi pertemuan untuk menambah wawasan para peserta,” ujarnya. 

Pj. Lihadnyana melalui Plt. Kadiskes juga mengucapkan terima kasih kepada PMI Kabupaten Buleleng atas konsistensinya dalam menyelenggarakan kegiatan Jumbara yang dinilai sangat bermanfaat bagi pembinaan karakter generasi muda di Buleleng.

Selain itu, apresiasi juga diberikan kepada Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Buleleng yang telah membantu pengerahan siswa, serta kepada berbagai instansi terkait yang turut mendukung penuh penyelenggaraan acara ini. "Kerja sama yang baik ini diharapkan dapat terus berlanjut sehingga program Jumbara dapat berjalan sesuai dengan harapan masyarakat kita," ujarnya.

Dengan dibukanya Jumbara secara resmi diharapkan dapat menjadi momentum untuk memperkuat solidaritas dan kebersamaan di kalangan anggota PMR serta mampu menanamkan nilai-nilai positif yang akan berguna dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa. "Selamat mengabdi dan selamat mengikuti JUMBARA X. Mari kita bersama-sama wujudkan generasi muda yang tangguh, peduli, dan berkarakter," sebut dr. Arya Nugraha.

Ketua Panitia, Kadek Bayu Mahendra, S.H., menjelaskan bahwa kegiatan Jumbara bertujuan untuk meningkatkan keterampilan PMR dalam tujuh materi utama, mengevaluasi proses pembinaan PMR, “Menjadi wadah bagi anggota PMR untuk saling berbagi pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman,” ujarnya.

Jumbara X tahun 2024 diikuti oleh 19 regu PMR Madya dengan total 453 peserta dan 17 regu PMR Wira dengan total 365 peserta. Selain berbagai kompetisi seperti Youth Station, Got Talent, Kewirausahaan Sosial, dan Remaja Tangguh, acara ini juga mengadakan kegiatan pendukung seperti Bakti Lingkungan, Pengelolaan Media, Poster Digital, Paduan Suara, Pameran dan Perkemahan, serta beberapa kegiatan lain yang bertujuan untuk membentuk remaja yang tangguh dan peduli lingkungan.

Kegiatan Jumpa Bhakti Gembira merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap tiga tahun sekali sebagai ajang evaluasi untuk meningkatkan kapasitas, keterampilan, dan sikap positif anggota PMR.