Ikuti Kami

PJ Lihadnyana Apresiasi Kirab Pemilu 2024 Karena Tingkatkan Wawasan Politik Masyarakat

Admin bulelengkab | 24 Agustus 2023 | 109 kali

Sebagai langkah mendukung kelancaran pelaksanaan Pemilu Serentak 2024, berbagai upaya telah diinisiasi, salah satunya melalui acara Kirab Pemilu yang diselenggarakan pada hari Kamis (24/8) di Taman Bung Karno yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buleleng. Dalam acara tersebut, Penjabat Bupati Ketut Lihadnyana memberikan apresiasi karena pentingnya acara ini sebagai akses informasi yang dapat mengedukasi masyarakat mengenai tahapan dan peserta Pemilu 2024.


Dalam sambutannya, PJ Lihadnyana mengatakan bahwa Kirab Pemilu tahun ini memiliki peran penting sebagai ruang akses informasi seputar penyelenggaraan Pemilu. Selain memberikan pemahaman tentang tahapan pelaksanaan Pemilu, acara ini juga memperkenalkan partai politik yang akan turut serta dalam pesta demokrasi tahun 2024.


"Melalui Kirab Pemilu 2024, kita mengharapkan terwujudnya pendidikan politik yang berkualitas, sehingga masyarakat dapat berperan sebagai pemilih yang cerdas dan tanggap akan hak, kewajiban, serta peran dalam penyelenggaraan Pemilu," ungkap Penjabat Bupati Lihadnyana.


Lebih lanjut, PJ Lihadnyana juga menekankan bahwa partisipasi aktif masyarakat dalam setiap tahapan Pemilu menjadi indikator utama kesuksesan pelaksanaan Pemilu yang demokratis. Dengan meningkatkan pemahaman melalui pendidikan politik yang baik, masyarakat diharapkan dapat memiliki kualitas berpikir, bersikap, dan bertindak dalam berdemokrasi, serta menjunjung tinggi prinsip kebangsaan yang sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945.


"Pemilu bukan hanya pesta politik semata, tetapi juga merupakan sarana integrasi bangsa. Melalui Kirab Pemilu 2024 ini, kita bersama-sama mengambil momentum untuk mengawal pelaksanaan Pemilu yang bermartabat, sebagai wujud kedaulatan rakyat, integrasi bangsa, dan upaya mensejahterakan masyarakat," tambahnya.


Penjabat Bupati Lihadnyana juga menekankan pentingnya sinergi antara pemerintah, penyelenggara pemilu, aparat keamanan, partai politik peserta pemilu, dan elemen masyarakat dalam menjaga stabilitas politik serta menciptakan suasana kondusif menjelang pelaksanaan Pemilu.


Dalam akhir sambutannya, Penjabat Bupati mengungkapkan apresiasi atas upaya Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam mensosialisasikan tahapan pelaksanaan Pemilu, yang telah berhasil meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menyalurkan hak pilihnya pada Pemilu Serentak 2024 di Kabupaten Buleleng.


Acara Kirab Pemilu 2024 di Taman Bung Karno ini diharapkan dapat memperkuat komitmen bersama dalam mengawal pelaksanaan Pemilu yang berintegritas dan bermartabat, sejalan dengan semangat kedaulatan rakyat dan integrasi bangsa, serta sebagai langkah nyata untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (can)