Ikuti Kami

KPU dan Bawaslu Buleleng Ajak Generasi Muda Sukseskan Pilkada 2024

Admin bulelengkab | 06 September 2024 | 167 kali

Generasi muda memiliki peran yang sangat krusial dalam memastikan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kabupaten Buleleng agar berjalan lancar. Hal tersebut disampaikan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Buleleng, Putu Arya Suarnata, dalam dialog luar studio salah satu stasiun radio di Singaraja,(6/9).


Dialog tersebut berpusat di Aula SMA Negeri 3 Singaraja, dengan tema 'Generasi Muda Melek Politik Kawal Pilkada 2024' Kegiatan ini menghadirkan narasumber berkompeten dari KPU dan Bawaslu Buleleng.


Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Buleleng, Putu Arya Suarnata, mengatakan bahwa partisipasi pemilihan umum saat ini didominasi oleh Generasi Z dan milenial. Artinya, masa depan Gumi Den Bukit selama lima tahun nanti ada di tangan generasi muda.


Oleh karena itu, melalui kesempatan ini pihaknya mengajak generasi muda untuk bergerak bersama mengawal perhelatan Pilkada pada 27 November mendatang. "Kapasitas generasi muda ini sangat penting dalam membawa kemana arah Pilkada tahun ini, salah satu indikator keberhasilan Pilkada ini tingkat partisipasi pemilih," katanya.


Sementara itu Ketua Bawaslu Buleleng, Kadek Carna Wirata, mengungkapkan bahwa keberhasilan pelaksanaan Pilkada adalah menjadi tanggung jawab semua pihak. Sebagai agen perubahan, generasi muda memiliki andil untuk memastikan Pilkada serentak 2024 berjalan lancar.


"Kami telah melakukan berbagai sosialisasi dalam menggugah partisipasi masyarakat. Perhelatan ini milik bangsa, artinya tidak hanya kami (Bawaslu) dan KPU, tapi masyarakat khususnya generasi muda juga ikut menyukseskan Pilkada 2024," ujar Carna.


Sampai saat ini, pihaknya telah membentuk Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) di masing-masing kecamatan, pengawas tingkat kelurahan dan desa, serta pengawas di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Para panitia tersebut akan dilibatkan untuk mengawasi jalannya Pilkada di setiap daerah.(Dw)