Ikuti Kami

Pilih Duta Anak Buleleng, FAD Buleleng Selenggarakan Gelora Anak Buleleng 2020

Admin bulelengkab | 09 Maret 2020 | 287 kali

Sebagai organisasi yang berdedikasi dan aktif menyuarakan hak-hak anak di Kabupaten Buleleng, Forum Anak Daerah (FAD) Kabupaten Buleleng menyelenggarakan Gelora Anak Buleleng 2020. Kegiatan yang berlangsung di SMP Negeri 6 Singaraja pada Minggu (8/3) itu dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Buleleng (Disdikpora) Ir. Gde Darmaja, M.Si.

Adapun agenda kegiatan yang diselenggarakan oleh organisasi yang bernaung di bawah Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan  Anak (PPKBPP-PA) itu adalah untuk memilih salah satu dari 19 orang finalis untuk menjadi Duta Anak Buleleng 2020. Ke-19 finalis tersebut yang telah berhasil melalui 2 tahap pemilihan sebelumnya para Februari lalu dan dari hasil penilaian tersebut 5 besar akan dipilih sebagai Duta Anak Buleleng 2020. Duta yang telah terpilih nantinya akan bertindak sebagai perwakilan anak Buleleng untuk menyampaikan aspirasi kepada pemerintah terkait hak-hak anak khususnya di Kabupaten Buleleng. Aspirasi yang disampaikan tersebut akan ditampung dan dirumuskan melalui Sidang Anak Buleleng 2020.

Mewakili Bupati Buleleng dalam membuka acara sekaligus memberi sambutan, Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng Ir. Gde Darmaja, M.Si mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan ini. Karena menurutnya, melalui penyelenggaraan kegiatan ini dapat menghasilkan indikator kualitas karakter anak yang dapat menjadi pedoman bagi anak-anak yang lainnya di Kabupaten Buleleng.

Menyinggung tema yang diusung, Darmaja memuji dipilihnya tema "Rising The Dream" karena dapat mendorong anak-anak di Kabupaten Buleleng untuk senantiasa berjuang meraih mimpi dan cita-citanya.

Akhir kata, Darmaja mengharapkan dengan terlaksananya kegiatan ini akan menciptakan anak-anak yang mampu menjadi calon pemimpin yang ideal bagi generasi yang akan datang.

Sementara itu, Ketua FAD Kabupaten Buleleng Ketut Dita Ari Sutrisna dalam laporannya menyampaikan pemilihan Duta Anak Buleleng 2020 terdiri dari dua tahap yaitu yang pertama pada tanggal 1 s.d 14 Februari 2020 dan yang kedua pada 17 s.d 23 Februari 2020. Lanjut Dita dari proses seleksi yang diikuti oleh 88 orang peserta sejak tahap pertama, pihaknya menyaring 20 besar finalis yang selanjutnya mengikuti proaes karantina pada tanggal 7 dan 8 Maret untuk kemudian akan dipilih pemenangnya pada grand final.

Setelah melalui penilaian para juri, pada akhirnya terpilih 5 finalis sebagai Duta Anak Buleleng 2020 antara lain Komang Adi Kusuma dari SMA Negeri Bali Mandara sebagai Duta Pendidikan, Putu Ledya Amadilla Febryanti dari SMA Negeri 1 Singaraja sebagai Duta Kesehatan, Natika Firda Kerista Anugrah dari SMP Negeri 6 Singaraja sebagai Duta Perlindungan Khusus, Ni Putu Laksmi Sasmita Dewi dari SMA Negeri 1 Singaraja sebagai Duta Partisipasi, dan Ketut Irama Mahardika dari SMP Negeri 1 Seririt sebagai Duta Jaringan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris PPKBPP-PA Luh Made Jiwaningsih,B.M.SH; Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik Kabupaten Buleleng Dr. Drs. I Ketut Suweca, M.Si; serta dari pihak Kecamatan se-Kabupaten Buleleng, (cnd)