Ikuti Kami

Miliki Peluang Bisnis Tinggi, Pemkab Buleleng Dukung Budidaya Bonsai

Admin bulelengkab | 13 Maret 2020 | 87 kali

Tidak sekedar mengkerdilkan dan merangkai pohon untuk menjadi pajangan, bonsai juga merupakan suatu media yang dapat digunakan untuk mengekspresikan seni dan perasaan. Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Dinas Perumahan, Permukiman, dan Pertamanan (Perkimta) Kabupaten Buleleng Gede Melandrat saat ditemui pada Pameran Seni dan Diskusi Bonsai di Taman Kota Singaraja, Jumat (13/3).

Tidak hanya itu, Melandrat mengungkapkan bonsai juga dapat menjadi media untuk menyiratkan pesan-pesan sosial terutama terkait pelestarian lingkungan karena bonsai itu sendiri merupakan produk yang berasal dari alam.

Maka dari itu, pihaknya sangat mendukung dengan antusias kegiatan dari komunitas bonsai ini dengan menggelar Pameran Seni dan Diskusi Bonsai. 

Tujuannya adalah untuk memamerkan segala kreasi bonsai kepada masyarakat umum dan memberikan pemahaman akan tingginya nilai dari tanaman bonsai secara materil.

“Ini yang ingin kita ciptakan menjadi peluang-peluang bisnis, peluang-peluang usaha” imbuh Melandrat

Selain itu, melalui pameran yang diikuti oleh ratusan peserta dari komunitas bonsai di Bali ini Melandrat ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa Kabupaten Buleleng memiliki tanaman khas yang menjadi maskot bonsai secara nasional yaitu tanaman  Santigi. 

Tanaman yang banyak dijumpai di pesisir Buleleng barat ini kata Melandrat merupakan tanaman yang dilindungi, namun melalui bonsai tanaman ini dapat dibudidayakan melalui bijinya.

Pameran Bonsai ini mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Salah satunya disampaikan oleh Asisten II Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Buleleng Ni Made Rousmini yang pada kesempatan itu hadir untuk membuka pameran bonsai secara resmi.

Setelah berkeliling melihat-lihat semua tanaman bonsai yang dipajang pada pameran itu, Rousmini mengaku kagum terhadap semua tanaman bonsai yang dipajang.

“Selain bentuk yang unik, backgroundnya yang luar biasa, mereka sangat kreatif menginovasikan antara background dengan bentuk-bentuk bonsai yang disajikan” ungkapnya.

Ke depannya, Rousmini berharap semakin banyak pecinta dan komunitas bonsai yang mengikuti ajang ini sehingga pameran bonsai dapat menjadi lebih meriah. Mewakili Pemkab Buleleng Rousmini juga menyatakan apresiasi dan dukungannya.

“Kami akan fasilitasi seluruh kegiatan yang menyangkut tentang bonsai” tutup Rousmini. (cnd)