Ikuti Kami

Pemkab Buleleng Apresiasi Kelompok Tani Getah Uyung dalam Membantu UMKM Buleleng

Admin bulelengkab | 16 Desember 2021 | 238 kali

Pemerintah Kabupaten Buleleng mengapresiasi upaya Kelompok Tani Aren Getah Uyung Desa Pedawa dalam hal membantu  UMKM Buleleng. Pasalnya, serangkaian peringatan hari jadi pertama, Kelompok Tani Aren Getah Uyung menyelenggarakan bazar dan pameran produk UMKM Buleleng. Selain kegiatan bazar, dilaksanakan pula pemberian paket sembako kepada masyarakat setempat.


"Apresiasi diberikan kepada Kelompok Tani Aren Getah Uyung atas inisiatifnya melaksanakan bazar UMKM serangkaian HUT jadinya yang pertama," ucap Kadis Kebudayaan Kab. Buleleng, Gede Dody Sukma Oktiva Askara yang pada kesempatan ini mewakili Bupati Buleleng seusai acara peringatan HUT ke - 1 Kelompok Tani Aren Getah Uyung di Resto Aluh - Lovina, Kamis (16/12).


Kadis Dody mengatakan, lewat kegiatan ini bisa kita lihat UMKM di Buleleng bersama-sama bersinergi mengikuti bazar disini. Baik itu dari sektor fashion, kriya dan kuliner.


"Ini merupakan langkah maju yang dilakukan oleh komunitas Tani Aren Getah Uyung sebagai model, mudah-mudahan kedepan kita bisa terus mensinergikan antar para pelaku UMKM ini," kata Dody yang pernah menjabat sebagai Camat Buleleng ini.


Lebih jauh pihaknya mengatakan, Pemerintah Kabupaten Buleleng akan siap mendorong pelaku UMKM ini. Direncanakan, pada bulan Januari 2022 pemerintah bisa segera launching rooftop kreatif yang ada dilantai 3 Pasar Banyuasri yang diseting sebagai tempat bertemunya orang-orang kreatif serta tempat bertemunya UMKM terutama kaum milineal kekinian.


"Nantinya secara berkala, kita akan lakukan di rooftop lantai 3 itu untuk melaksanakan pameran, exsebisi yang tentunya untuk kemajuan perekonomian masyarakat Buleleng, terutama di 3 subsektor yaitu : fashion, kriya dan kuliner," ujarnya.


Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Aren Getah Uyung yang juga selaku panitia penyelenggara, Guci Adnyana mengatakan, ini adalah sebuah spontanitas gerakan kita bersama pihak terkait. Sebanyak 14 UMKM kami ikutkan dalam partisipasi kegiatan ini. Pihaknya akan mengevaluasi kembali agar kedepannya acara seperti ini bisa lebih bagus lagi dari segi kualitas dan kuantitas.


Harapan pribadi untuk Kelompok Tani Aren Getah Uyung, pihaknya mengatakan, untuk Getah Uyung Gula Pedawa yang merupakan warisan leluhur bukan benda, pihaknya akan senantiasa melestarikan dan menjaganya.


"Warisan ini jangan sampai hilang karena keegoan kita. Karena keinginan alih fungsi lahan, sehingga apa yang menjadi sumber kehidupan kita itu hilang," harapnya.


Ditempat yang sama, salah satu pemilik UMKM "Pia Cinta", Naning mengatakan, kegiatan ini sangat bagus sekali dan bermanfaat. Selain panitia mendatangkan peserta bazar dan pameran,  mereka juga mendatangkan buyer atau pembeli.


Naning berharap, untuk event-event seperti ini agar ditingkatkan lagi. "Saya harap ada sosialisasi terkait agenda seperti ini, sehingga masyarakat cepat mengetahui dan bisa ikut berpartisipasi," harapnya. (suy)