Ikuti Kami

Kominfosanti Buleleng akan Wujudkan Pengelolaan Mandiri Website bulelengkab.go.id

Admin bulelengkab | 04 Maret 2021 | 173 kali

Guna mewujudkan pengelolaan website Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng, Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik (Kominfosanti) Kabupaten Buleleng berencana akan memperbaharui sistem informasi website bulelengkab.go.id agar dapat dikelola secara mandiri sepenuhnya. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kominfosanti Buleleng Dr. Drs. I Ketut Suweca, M.Si melalui video conference bersama operator website SKPD lingkup Pemkab Buleleng pada Kamis (4/3)

Pada kesempatan itu, Suweca mengatakan keberadaan website resmi bulelengkab.go.id merupakan sangat penting sebagai pusat informasi dari Pemkab Buleleng yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Kehadiran website bulelengkab.go.id pun kata Suweca disambut dengan baik oleh masyarakat. Hal itu terbukti dari jumlah pembaca setiap konten berita bulelengkab.go.id yang mencapai ratusan orang. 

Selain itu, 50 sub domain bulelengkab.go.id lainnya yang dikelola oleh setiap SKPD di lingkup Pemkab Buleleng juga sangat berperan dalam membantu penyebar luasan informasi maupun pelayanan kepada masyarakat yang lainnya. Maka dari itu, demi menyediakan pelayanan informasi yang baik kepada masyarakat, tentunya operasional yang optimal harus dikedepankan.

Namun, hingga kini dirinya mengatakan Dinas Kominfosanti Buleleng masih menggunakan jasa rekanan swasta untuk operasional website tersebut, sehingga dari segi teknis tidak dijalankan secara sepenuhnya oleh Dinas Kominfosanti Buleleng, apalagi server juga disediakan oleh pihak rekanan.

Melepas ketergantungan dari rekanan luar, pihaknya kini tengah merintis website buatan sendiri yang tentunya dikelola di server sendiri. Sehingga dapat memudahkan operasional website tersebut dengan ditangani oleh staf programmer dan IT support Dinas Kominfosanti Buleleng.

"Pengelolaan server, kemudian aplikasi, dan detail-detail lain nantinya akan dikelola oleh Dinas Kominfosanti sendiri," jelas Suweca.

Usai arahan dari Kadis Suweca, video conference dilanjutkan dengan penjelasan dari Kepala Bidang Tata Kelola dan Sumber Daya Manusia Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Ngakan Gde Dwi Dharma Yudha, SE. MPA. Kepada peserta, Ngakan menjelaskan pada website baru nanti akan memiliki tampilan yang baru dan dapat diperbaharui secara berkala, sehingga website akan terhindar dari tampilan yang monoton.

Selain itu, kata Ngakan pihaknya akan memindahkan data-data lama dari website sebelumnya ke website yang baru. Sehingga, segala konten maupun data yang ada di website lama masih bisa diakses pada website yang baru.

Memastikan para operator siap untuk mengelola website yang baru, pihaknya dalam waktu dekat ini akan mengadakan pelatihan dalam mengoperasikan website. Ia berharap pengoperasian website dapat dikuasai dengan baik oleh operator. (can)