Ikuti Kami

Kementerian PANRB Perkenalkan Layanan LAPOR! ke Generasi Muda Bali Melalui Kegiatan "Lapor! Goes to Campus"

Admin bulelengkab | 17 September 2024 | 212 kali

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) melalui kegiatan Lapor! Goes to Campus memperkenalkan Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) kepada generasi muda Bali. 


Acara ini dihadiri oleh ratusan mahasiswa dari berbagai kampus di Bali serta peserta dari OPD lingkup Pemerintah Provinsi Bali, dan Pemerintah Kabupaten/Kota di Bali yang berlangsung di Auditorium Widya Sabha, Universitas Udayana, Jimbaran, Selasa, (17/9).


Acara tersebut dibuka langsung oleh Plt. Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RB, Abdul Hakim. Dalam sambutannya, Abdul Hakim menekankan pentingnya partisipasi generasi muda dalam pengawasan dan peningkatan kualitas pelayanan publik melalui platform LAPOR!. Sistem ini dirancang agar masyarakat, khususnya mahasiswa, dapat berperan aktif dalam menyampaikan kritik, saran, maupun pengaduan terkait pelayanan publik.


“Kami memberikan akses kepada masyarakat umum, termasuk generasi muda, agar mereka mendapatkan pelayanan publik yang lebih responsif dan berkualitas,” ujar Abdul Hakim.


Berdasar data yang terhimpun, pengguna LAPOR! di bawah usia 20 tahun mencapai 25%, sedangkan rentang usia 20 hingga 30 tahun mendominasi dengan 42%. Hal ini menunjukkan bahwa generasi muda memiliki peran strategis dalam mendukung optimalisasi pelayanan publik di Indonesia.


Oleh karena itu, pihaknya menegaskan perlu adanya sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, terkait tata cara dan mekanisme dalam menyampaikan pengaduan, permintaan informasi, apresiasi maupun aspirasi dengan baik. Mahasiswa sebagai penerus bangsa, diharapkan ikut berpartisipasi dalam perbaikan layanan publik, terutama dari segi pengaduan. (Ag)