Ikuti Kami

Diskominfosanti Buleleng Luncurkan e-Sima

Admin bulelengkab | 11 Agustus 2020 | 112 kali

Majalah Singa Manggala sebagai media komunikasi dan informasi pembangunan Buleleng yang selama ini dikenal sebagai majalah terbitan cetak, kini telah hadir dalam bentuk majalah elektronik melalui aplikasi e-Sima yang dapat diakses secara online. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Buleleng Dr. Drs. I Ketut Suweca, M.Si saat ditemui di ruang kerjanya pada Selasa (11/8)


Lebih jauh, Suweca mengatakan e-Sima hadir sebagai solusi pada masa pandemi Covid-19 di mana sebagian besar anggaran diprioritaskan untuk penanganan Covid-19. Untuk itu, kata Suweca dengan menerbitkan Majalah Singa Manggala secara elektronik melalui e-Sima maka penerbitan setiap edisinya akan memakan biaya yang jauh lebih sedikit, namun masyarakat tetap dapat mengakses majalah tersebut secara online di mana saja dan kapan saja.

“Dengan teknologi yang ada majalah ini sekarang dapat diakses bahkan hingga ke pelosok-pelosok secara online” jelasnya

Selain edisi terbaru, Suweca mengatakan aplikasi e-Sima juga dapat digunakan untuk mengakses edisi-edisi sebelumnya yang kini telah diarsipkan di sana.

Secara terpisah, Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng Drs. Gede Suyasa, M.Pd saat ditemui di ruang kerjanya mengaku menyambut positif kehadiran e-Sima. Ia mengatakan di tengah situasi Pandemi Covid-19 yang sudah barang tentu hampir semua anggaran pemerintahan diprioritaskan untuk penanganan Covid-19, kehadiran e-Sima merupakan solusi yang jitu untuk tetap menerbitkan majalah Singa Manggala karena memerlukan biaya yang lebih sedikit namun tetap dapat dibaca oleh masyarakat luas melalui media internet.

Bahkan menurut Suyasa, e-Sima ini cenderung lebih efektif tersebar luas ke masyarakat karena terbitan online memungkinkan masyarakat untuk dapat mengaksesnya dengan lebih mudah.

“Efisien anggarannya tapi efektif untuk membuka akses pembaca, karena setiap saat setiap orang bisa membaca berulang-ulang dari majalah yang kita tampilkan. Tentu lebih banyak lagi yang akan membacanya” jelasnya.

Ke depannya Suyasa berharap e-Sima dapat terus meningkatkan kualitas dari kontennya, karena dengan dibukanya akses pembaca ke masyarakat luas tentu akan mendatangkan pangsa pembaca yang memerlukan konten dengan kualitas yang lebih baik lagi.

“Kualitas sajiannya harus makin baik” tutup Suyasa.

Untuk diketahui, e-Sima dapat diakses melalui esima.bulelengkab.go.id. (cnd)