Ikuti Kami

Giatkan KB, Dinas PPKBPP-PA Andalkan Puspaga & Bangga Kencana

Admin bulelengkab | 28 Januari 2022 | 544 kali

Pembinaan Keluarga Berencana (KB) merupakan salah satu program prioritas yang dilaksanakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (PPKBPP-PA) Kabupaten Buleleng. 


Untuk itu, Dinas yang berkantor di Jl. Wijaya Kusuma No. 3A Singaraja itu mengandalkan 2 program unggulan yaitu "Puspaga" dan "Bangga Kencana". Demikian diungkapkan oleh Kepala Dinas PPKBPP-PA Ni Made Dwi Priyanti Putri Koriawan pada Rabu, (27/1).


Lebih lanjut, Dwi mengatakan program Puspaga yang merupakan singkatan dari Pusat Pembelajaran Keluarga itu dilaksanakan sebagai one stop service  atau layanan satu pintu keluarga, holistik integratif berbasis anak dengan meningkatkan  kapasitas orang tua atau wali.


"Kapasitas di sini maksudnya dalam menjalankan tanggung jawab mengasuh dan melindungi anak agar terpenuhi kebutuhan akan kasih sayang, kedekatan, keselamatan, dan kesejahteraan bagi anak dan keluarga," jelasnya.


Langkah tersebut menurutnya sangat penting guna menghindarkan anak dari kekerasan, eksploitasi, salah perlakuan, dan penelantaran.


Sementara terkait program Bangga Kencana yang merupakan kepanjangan dari Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana itu bertujuan untuk mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan berkualitas.


Program yang dijalankan  meliputi bina keluarga balita, bina keluarga remaja, bina keluarga lansia, pusat informasi konseling remaja, dan usaha peningkatan pendapatan keluarga sejahtera. (can)