Ikuti Kami

SAKIP Pemkab Buleleng Tahun 2019 Kembali Raih Predikat B

Admin bulelengkab | 27 Januari 2020 | 90 kali

Hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2019 telah dilakukan oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB). Sesuai surat Nomor B/268/AA.05/2019, perihal Hasil evaluasi atas Akuntabilitas  Kinerja Instansi Pemerintah tahun 2019 memberikan penilaian atas tingkat SAKIP Pemkab Buleleng dengan predikat baik (predikat B). Hal tersebut terungkap ketika Bupati Buleleng yang diwakili Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra, Sp. Og. didampingi Kabag Organisasi Setda Buleleng Dra. I DW.AA. Sri Ambarawati menghadiri SAKIP Award di Hotel Inaya Putri Bali,Nusa Dua-Bali,(27/1).

Penyerahan SAKIP Award dilakukan oleh Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas  Aparatur dan Pengawasan Muhamad Yusuf Ateh, Ak,MBA  diterima oleh Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra,Sp.OG.

Dalam kesempatan itu, Muhamad Yusuf mengharapkan agar seluruh Kepala Daerah untuk mendorong aparatur untuk berkinerja demi mencapai kesejahteraan masyarakat.

Selain itu Yusuf menjelaskan tujuan dari evaluasi SAKIP ini adalah untuk menilai tingkat akuntabilitas atau pertanggungjawaban atas hasil  (outcome) terrhadap penggunaan anggaran dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang berorientasi kepada hasil.

Usai menerima Sakip Award  Wabup Sutjidra mengatakan bahwa hasil yang diterima dalam SAKIP Award sudah ada peningkatan walaupun masih kategori B.”Lagi sedikit untuk peningkatan kinerja agar meraih nila BB kedepannya. Diharapkan pimpinan OPD mengoptimalkan dan mengefisienkan program dan anggaran  sehingga mendapatkan hasil bukan dari output namun dari outcome nya sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat, “harap Sutjidra.

Untuk diketahui hasil evaluasi SAKIP tahun 2018 sebesar  68, 97. Kemudian di tahun 2019 meningkat menjadi 69,02 dengan komponen yang dinilai: 1. Perencanaan Kinerja, 2. Pengukuran Kinerja, 3. Pelaporan Kinerja, 4. Evaluasi Intenal dan 5. Capaian Kinerja. (wdi)