Ikuti Kami

Manfaatkan PEN Padat Karya, DKPP Buleleng Restorasi 7,4 Hektar Terumbu Karang

Admin bulelengkab | 08 Januari 2021 | 113 kali

Melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional atau PEN padat karya yang digelontorkan oleh pemerintah pusat, Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan atau DKPP Kabupaten Buleleng telah berhasil melakukan restorasi terumbu karang dengan struktur Indonesian Coral Reef Garden atau ICRG seluas tujuh koma empat hektar pada 6 desa yaitu Les, Pacung, Baktiseraga, Tukadmungga, Kaliasem, dan Bondalem. Pencapaian itu disampaikan oleh Kepala Dinas DKPP Kabupaten Buleleng Gede Melandrat, SP saat ditemui pada Rabu (6/1) usai mengikuti rapat di Kantor Bupati Buleleng.

Lebih jauh, Melandrat mengungkapkan program itu telah sepenuhnya terlaksana pada tanggal 30 Desember 2020 silam, lalu ditindaklanjuti dengan pemeliharaan hingga tanggal 30 Januari 2021 ke depan. Ia menyebutkan realisasi program ini melampaui target semula hanya 4 hektar, namun pihaknya berhasil merealisasikan seluas 7,4 hektar. 

"Jadi ini luar biasa, karena itu semua terealisasi dari anggaran 15 miliar yang kita hanya bisa menyerap 14,2 miliar atau 92%" jelasnya.

Tujuan program ini selain melestarikan terumbu karang, kata Melandrat juga untuk membuat destinasi tujuan wisata baru. Meski hal itu bukanlah sesuatu yang baru di Kabupaten Buleleng yang terkenal memiliki wisata terumbu karang di perairan di Desa Pemuteran. Namun, diharapkan dengan ICRG yang telah dibuat, pemulihan ekonomi pada 6 desa itu dapat terwujud. (can)