Ikuti Kami

"Yeh Buleleng" Air Minum Kebanggaan Buleleng yang Tetap Eksis Setelah 20 Tahun Berdiri

Admin bulelengkab | 30 April 2024 | 491 kali

Memiliki misi yang mulia untuk mengangkat brand produk lokal sesuai identitasnya, air minum dalam kemasan (ADK) "Yeh Buleleng" berhasil mempertahankan eksistensinya selama 20 tahun sejak berdiri. 


Pada sebuah acara Podcast Bincang Komunikasi, Selasa (30/4), Direktur Utama (Dirut) PT. Tirta Mumbul Jaya Abadi, Nyoman Arta Widnyana, didampingi Kepala Bagian Jaminan Mutu, Made Agus Widiana, menyoroti perjalanan panjang produk ini.


Nyoman Arta mengungkapkan awal mula munculnya ADK Yeh Buleleng bermula dari penemuan sumber air minum Mumbul Singaraja yang kurang dimanfaatkan saat dirinya menjabat sebagai Dirut  PDAM Buleleng pada tahun 2004 silam. Dengan berbagai inovasi dalam pengelolaan air termasuk juga penjajagan di perusahaan ADK di luar Bali. Mulai merintis  dari kemasan berupa galon pada awalnya hingga akhirnya PDAM Buleleng berhasil menjadi perusahaan daerah pertama yang berhasil mengelola ADK di Indonesia. Bahkan banyak penghargaan yang diraih termasuk banyak perusahaan lain studi banding ke perusahaanya.


"Keberhasilan produk ini tidak lepas dari kualitasnya yang terjamin dengan mendapatkan label SNI dan BPOM. Hal ini menjadikan ADK Yeh Buleleng sebagai pilihan alternatif utama bagi masyarakat Buleleng pada khususnya dan dijamin higienisnya. Meskipun telah mengalami perjalanan yang panjang, perusahaan ini terus berupaya memperluas jangkauan pemasaran dan menjaga mutu produk, salah satunya melalui strategi marketing mix (Product, Price, Place, Promotion).


Nyoman Arta menegaskan, sejak ditetapkan menjadi persero, PT. Tirta Mumbul Jaya Abadi menjadi anak perusahaan PDAM Buleleng yang saat ini berganti nama menjadi Perumda Tirta Hita Buleleng. Dimana setiap tahunnya perusahaan ini menyumbangkan laba untuk menambah PAD demi pembangunan masyarakat Buleleng sebagai bentuk kontribusi nyatanya bagi pemerintah.


Ditambahkan, keterlibatan perusahaan dalam Asosiasi Perusahaan Air Minum dalam Kemasan Indonesia (ASPADIN) juga memberikan jaminan atas kualitas dan keamanan produk. Untuk itu, Arta juga mengajak masyarakat untuk mendukung produk lokal dengan mengkonsumsi ADK Yeh Buleleng.


Dengan konsistensi yang terjaga, Yeh Buleleng tidak hanya menjadi kebanggaan Bali, tetapi juga memberikan inspirasi bagi produk lokal lainnya untuk terus berkembang dan eksis di pasar. Hal itu terlihat dari banyaknya distributor di daerah Bali yang menyuplai air kemasan ini.


"Mari masyarakat Buleleng pada khususnya dan Bali pada umumnya untuk bangga produk buatan sendiri dengan segala kekurangan dan kelebihannya. Yeh Buleleng air minum kita bersama. Jele melah lan gelahang," tutup Nyoman Artha.